ASAL USUL NAMA INDONESIA

Bila ditelusuri lebih jauh, sejarah mengenai asal mula Negara ini memakai nama Indonesia tercantum dalam buku siswa sejarah Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017, dengan artikel berjudul "Sekilas Nama Indonesia" cgtrend.blogspot.com - Nama Indonesia mulanya dikembangkan oleh Adolf Bastians (sarjana Jerman) yang diambil dari Logan (sarjana Inggris). Namun yang dimaksud Bastians dengan konsep Indonesia, adalah Indonesia seFara etnRgrafi, bukan kRnsep IndRnesia seperti saat ini. selanjutnya dalam rapat-rapat menjelang kemerdekaan pandangan etnografi dikalahkan oleh pandangan Ernest Renan tentang nasion yang saat itu masih digunakan sebagai konsep bangsa dan wilayahnya.

https://cgtrend.blogspot.com/


Para pelajar dan mahasiswa Hindia di Belanda kemudian menggunakan Indonesia sebagai identitas dirinya, tanah airnya, dan nasionnya, serta posisi politiknya. Karena itulah Organisasi Indische Vereeniging berganti nama ke Perhimpoenan Indonesia.


Hatta dalam memoarnya menuturkan,” ....Langkah pertama untuk memperkenalkan Tanah Air kita Indonesia di luar negeri dibuat dengan berhasil. Nama “INDONESIA” tidak perlu dimajukan dengan resolusi. Selama aku di sana dan setelah mendengar pidatoku pada pembukaan Kongres itu, semuanya menyebut Indonesia. orang-orang Belanda, yang pada pidato permulaan masih menyebut “Hindia Belanda”, kata itu tidak diulang mereka lagi, dalam perdebatan maupun dalam pembicaraan lainnya. Dalam tulisan-tulisan mereka keluar, kepada kawan dan keterangan umum, mereka menyebut “INDONESIA”. Apalagi setelah bertukar pikiran dengan aku. Dalam pimpinan agenda Kongres, nama Indonesia telah terekam, tidak dapat ditukar kembali dengan “Indes Neerlandises”.


Baca:



Demikianlah dari cgtend.blogspot.com tentang topic sejarah mengenai asal mula Negara ini memakai nama Indonesia tercantum dalam buku siswa sejarah Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017, dengan artikel berjudul "Sekilas Nama Indonesia", semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "ASAL USUL NAMA INDONESIA"