Sejarah dan Makna Peringatan Hari Santri 22 Oktober

Peringatan Hari Santri 22 Oktober untuk mengingat Resolusi Jihad yang terjadi pada 1945.


Kata bijak KH Hasyim Asy’ari. (Gambar : cgtrend)


Cgtrend.blogspot.com - Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari. Ini peristiwa penting yang menggerakkan santri, pemuda dan masyarakat untuk bergerak bersama, berjuang melawan pasukan kolonial, yang puncaknya pada 10 Nopember 1945.


Pergerakan berjuang melawan pasukan kolonial guna mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, ini bermula dari Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari yang mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad. Dikutip dari Fatwa dan Resolusi Jihad karya KH Ng Agus Sunyoto, fatwa tersebut berisi tiga poin penting, yakni sebagai berikut.
  1. Hukum memerangi orang kafir yang merintangi kepada kemerdekaan kita sekarang ini adalah fardhu ain bagi tiap-tiap orang Islam yang mungkin, meskipun bagi orang fakir,
  2. Hukum orang yang meninggal dalam peperangan melawan musuh (NICA) serta komplotan-komplotannya adalah mati syahid, dan
  3. Hukum untuk orang yang memecah persatuan kita sekarang ini, wajib dibunuh.



Sejarah Hari Santri:

Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, situasi Indonesia belum stabil, saat itu Indonesia masih bergejolak terutama antara rakyat dan tentara asing.


Hari Santri 22 Oktober merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia.


Karena pada 22 Oktober 1945 terjadi resolusi penting pascakemerdekaan, yang dikenal juga sebagai seruan resolusi Jihad.


Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, pemerintah mengeluarkan maklumat yang menetapkan mulai 1 September 1945 bendera nasional Sang Saka Merah Putih dikibarkan di seluruh wilayah Indonesia.


Gerakan pengibaran bendera tersebut meluas ke seluruh daerah-daerah, salah satunya di Jawa Timur.


Pada pertengahan September, tentara Inggris mendarat di Jakarta dan mereka berada di Surabaya pada 25 September 1945.


Tentara Inggris tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) datang bersama dengan tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration).


Tugas mereka adalah melucuti tentara Jepang dan memulangkan mereka ke negaranya, membebaskan tawanan perang yang ditahan oleh Jepang, sekaligus mengembalikan Indonesia kepada pemerintahan Belanda sebagai negara jajahan.


Hal ini memicu kemarahan warga Jawa Timur, mereka menganggap Belanda menghina kemerdekaan Indonesia dan melecehkan bendera Merah Putih.


pada tanggal 21 dan 22 Oktober 1945, wakil-wakil cabang NU di seluruh Jawa dan Madura berkumpul di Surabaya dan menyatakan perjuangan kemerdekaan sebagai jihad (perang suci). Dalam pertemuan itu lahirlah fatwa Resolusi Jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy’ari.


Dikutip dari Fatwa dan Resolusi Jihad karya KH Ng Agus Sunyoto, fatwa tersebut berisi tiga poin penting, yakni sebagai berikut.
  1. Hukum memerangi orang kafir yang merintangi kepada kemerdekaan kita sekarang ini adalah fardhu ain bagi tiap-tiap orang Islam yang mungkin, meskipun bagi orang fakir,
  2. Hukum orang yang meninggal dalam peperangan melawan musuh (NICA) serta komplotan-komplotannya adalah mati syahid, dan
  3. Hukum untuk orang yang memecah persatuan kita sekarang ini, wajib dibunuh.



Resolusi Jihad punya dampak besar di Jawa Timur. Pada hari-hari berikutnya, ia menjadi pendorong keterlibatan santri dan jamaah NU untuk ikut serta dalam pertempuran 10 November 1945.


Lahirlah fatwa Resolusi Jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy’ari 22 Oktober 1945, kemudian ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh pemerintah melalui Keppres No. 22 Tahun 2015.


Makna Hari Santri:

Kisah perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan pascakemerdekaan muncul dalam buku sejarah pelajaran sekolah mulai dari SD hingga SMA.


Kisah tersebut tak hanya menunjukkan sejarah negara, melainkan juga mengajarkan keteladanan kepada anak-anak Indonesia, seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.


Untuk bisa mengenalkan makna Hari Santri kepada mereka dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI SANTRI


Seperti mempertahankan kemerdekaan dengan belajar tekun, meraih prestasi di bidang yang diminati, menolong teman yang sedang kesusahan, dan membiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, serta tolong kepada orang lain.


Temukan artikel baru lainnya di Cgtrend terkait topik terkini. Kunjungi Cgtrend.blogspot.com, Dengan demikian Anda akan menemukan informasi terkini dari berbagai topik trending saat ini.

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Makna Peringatan Hari Santri 22 Oktober"