Inilah Tema dan Logo Hari Santri 2023

Tema dan Logo Hari Santri 2023 (Ilustrasi: Kemenag)
Tema dan Logo Hari Santri 2023 (Ilustrasi: Kemenag)


Jakarta (Cgtrend) --- Peringatan Hari Santri 2023 telah dirilis oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (6/10/2023). Dikutip dari situs Kemenag RI, Seremonial ini berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.


Dalam kesempatan itu, Menag juga me-launching tema dan logo peringatan Hari Santri 2023. Tahun ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.


Menurut Menag Yaqut, tema tersebut mengandung pesan bahwa Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya. Mereka juga ikut mengisi ruang-ruang digital untuk penguatan literasi keagamaan yang moderat berdasarkan prinsip Islam rahmatan lil alamin. Prinsip yang dimaksud yakni ilmu, amal, dakwah dan kesabaran.


Berdasarkan prinsip Islam rahmatan lil alamin inilah para santri harus berdiri di depan untuk menyejahterakan masyarakat dan mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Jihad melalui ilmu, amal, dakwah juga kesabaran bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun guna menjaga kesejukan serta kerukunan. Termasuk di tahun politik, melalui jihad politik, di mana para santri harus menjadi teladan dalam momentum demokrasi, memilih pemimpin secara rasional dan terbaik. Jangan memilih pemimpin yang ambisius dan suka menggunakan politik identitas saat kampanye.


“Dalam momentum politik tahun depan, saya minta santri harus solid dan satu barisan. Jaga kesejukan, kerukunan, dan jauhi orang-orang yang menggunakan agama untuk kepentingan praktis,” tandasnya.


Sementara itu, ada enam makna dan filosofi logo peringatan Hari Santri 2023, yaitu:


1. Bendera Merah Putih dan Api yang Berkobar. Ini mengandung makna semangat nasionalisme. Salah satu ciri yang melekat pada diri santri adalah mencintai tanah air (hubbub al-wathan).


2. Jaringan Digital. Ini mengandung makna transformasi teknologi digital. Santri juga turut melakukan transformasi teknologi digital.


3. Empat Pilar. Gambar ini bermakna empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


4. Titik Berwarna Kuning di Atas Empat Pilar. Ini mengandung makna santri siaga menjaga empat pilar kebangsaan.


5. Simbolisasi Huruf Nun. Bentuk huruf nun yang menyerupai tempat tinta adalah simbol pengetahuan.


6. Goresan Tinta. Ini mengandung makna jihad santri zaman ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kejayaan negeri.


Sementara itu, ada 5 warna dalam komposisi logo, yaitu merah, putih, hijau, orange, dan biru. Warna merah mencerminkan semangat yang menyala dalam berjuang. Warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian.


Warna hijau sering dikaitkan dengan Islam dan warna ini mencerminkan nilai‑nilai agama, kedamaian, dan pertumbuhan. Warna orange menciptakan kontras dan eceriaan, menggambarkan semangat, antusiasme, dan energi dalam upaya memajukan negeri. Warna biru adalah lambang kecerdasan dan kebijaksanaan.


Tags: # Hari Santri 2023 # Pesantren # Santri # cgtrend.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Inilah Tema dan Logo Hari Santri 2023"