Hari Guru Nasional 2022: Sejarah, Tujuan, dan Tema

Hari Guru Nasional adalah inisiatif dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Hari Guru Nasional 2022: Sejarah, Tujuan, dan Tema
Gambar. Logo HGN Kemenag


Cgtrend - Dalam upaya untuk merayakan para guru dan kontribusi mereka secara Nasional, setiap tahun 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Sementara Hari Guru Sedunia dirayakan pada 5 Oktober untuk menandai peringatan adopsi rekomendasi ILO / UNESCO 1966 mengenai status guru, Hari Guru Nasional menandai peringatan terbentuknya organisasi yang anggotanya berprofesi sebagai tenaga pengajar dan guru. Hari guru nasional adalah inisiatif dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


Sejak terbentuknya organisasi ini, mereka selalu berjuang mengenai Status Guru termasuk menetapkan tolok ukur mengenai tanggung jawab dan hak-hak guru, standar untuk persiapan awal dan dunia pendidikan lebih lanjut, perekrutan guru, pekerjaan mereka, dan kondisi belajar mengajar.


Sejarah

Untuk menghormati kontribusi 'pahlawan tanpa tanda jasa' yakni guru kepada siswanya, kesempatan ini berfokus pada apresiasi, penilaian, dan perubahan yang diperlukan bagi para guru. Diperingati sejak tahun 1994, Hari Guru Nasional menandai peringatan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November tahun 1945 di Surakarta yang berjuang mengenai Status Guru. Oleh karena itu untuk melanjutkan semangat perjuangan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November tahun 1945, perjuangan lain yang berfokus pada status tenaga pengajar pendidikan tinggi diadopsi melalui undang-undang nomor 14 tentang guru dan dosen pada tahun 2005.


Ditetapkan dengan makna mempromosikan apresiasi, penilaian, dan perubahan yang diperlukan bagi para guru, Hari Guru Nasional juga menciptakan kesadaran tentang peran profesi dalam memenuhi kebutuhan generasi mendatang. Dirayakan di seluruh Indonesia dalam skala Nasional, hari istimewa ini menjadi saksi beberapa sekolah dan perguruan tinggi menyelenggarakan program dan acara untuk menghormati guru mereka. Dari puisi, ucapan, pembuatan karangan, hingga pertunjukan tari, siswa berusaha sekuat tenaga untuk menghormati guru mereka.


Tujuan

Pahlawan tanpa tanda Jasa, tidak ada yang bisa mengalahkan sesuatu yang hebat seperti memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada generasi muda. Pengajaran yang diberikan oleh guru dan kontribusi mereka terhadap pendidikan benar-benar tanpa ternilai harganya. Oleh karena itu Hari Guru Nasional telah ditetapkan secara khusus untuk mengakui hal ini. Bersamaan dengan itu hari istimewa juga datang sebagai kesempatan untuk mempertimbangkan tantangan yang terkait dengan profesi mengajar. Menyoroti isu-isu mengenai profesi, Hari Guru Nasional juga mengakui hak dan tanggung jawab guru.


Tema

Setiap tahun hari itu dirayakan dengan tema HUT yang berbeda. Menurut situs resmi PGRI tahun ini, hari istimewa akan dirayakan dengan tema "Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju". Tahun lalu hari itu diperingati dengan tema "Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh."


Yuk baca semua Berita Terbaru, Berita Trending, Berita Pendidikan, Berita Dunia, Berita Indonesia dan Berita Hiburan di Cgtrend.blogspot.com. Ikuti Topik setiap harinya.


#Hari Guru Nasional #Hari Guru #Hari Guru Sedunia

Posting Komentar untuk "Hari Guru Nasional 2022: Sejarah, Tujuan, dan Tema"