Pembahasan Tata Krama

Ilustrasi tata krama Siswa.
Ilustrasi tata krama Siswa. Foto: dok. Kemdikbud


Indonesia dikenal oleh dunia dengan keramah-tamahannya kepada orang asing siapapun dan dimanapun. Tidak heran, sebab setiap kali berpapasan dengan orang jalan pastinya rata-rata warga Indonesia selalu memberikan senyuman hangat kepada orang lain tersebut.


Keramah-tamahan tersebut bisa juga kita kenal dengan tata krama atau wujud sopan santun yang kita berikan kepada orang lain karena kita menghormati keberadaan orang lain tersebut tidak hanya kepada orang asing namun juga kepada orang yang lebih tua, teman kita, guru dll. Sebab dengan tata krama yang baik kita juga akan dihormati orang lain dan mempererat tali silaturahmi.


Untuk menjadi pribadi yang memiliki tata krama yang baik bisa dimulai dengan pribadi kita sendiri untuk menghormati setiap orang, bertutur kata yang sopan, serta memberikan respon tubuh yang menghargai satu sama lain. Karena dengan tata krama lah yang membuat seseorang menjadi lebih bermartabat dan disukai oleh banyak orang.


Sebab pentingnya mempelajari pembahasan tata krama tersebut sebaiknya kita juga menggali informasi mengenai pengertian dari tata krama tersebut dan cara menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.


Pengertian Tata Krama

Tata krama adalah wujud atau perilaku yang tertib dengan cara yang baik. Tata krama juga dianggap sebagai cara untuk menjalin hubungan antar manusia. Kebiasaan ini dihasilkan dari aksi dan reaksi pergaulan.


Di Indonesia, berbagai kode etik dan etiket mengatur tata cara bertingkah laku sosial dan karenanya dianggap sangat penting. Tata krama menunjukkan rasa hormat dan merupakan kunci keberhasilan interaksi sosial. Bahkan Indonesia dikenal secara luas di dunia sebagai salah satu negara tersopan di dunia nyata.


Tata krama dapat juga dipahami sebagai peraturan atau aturan yang diwariskan yang berkembang dalam sosial budaya yang mengatur interaksi antara individu dan kelompok untuk mencapai saling pengertian dan penghormatan menurut adat istiadat yang berlaku. Selain itu, adab juga merupakan hal penting dan penting dalam kehidupan untuk menunjang aktivitas manusia.


Secara etimologis, tata krama berasal dari kata tata bahasa dan kebiasaan. Tata berarti aturan, peraturan atau pengaturan. Meskipun krama berarti kesopanan, maka kedua kata tersebut dapat diartikan sebagai aturan umum kesopanan yang telah ditetapkan. Tata krama adalah perilaku santun yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku tersebut mencerminkan kepribadian yang sudah terbentuk sejak kecil melalui cara-cara yang diajarkan oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya. Tata krama juga merupakan bagian dari fitrah manusia yang darinya terbentuk kebiasaan, seperti makan dan minum, berpakaian dan kebiasaan manusia lainnya. Perilaku juga merupakan karakteristik individu dan menjadi karakter seseorang.

Baca juga: 5 Definisi Tata Krama Menurut Pakar Etika

Tata krama dapat juga diartikan sebagai aturan hidup dalam hubungan manusia. Adat istiadat sangat erat kaitannya dengan etika. Etika adalah teori perilaku manusia yang dilihat dari segi baik dan buruk yang dapat ditentukan oleh akal. Menurut para ahli, tata krama memiliki beberapa definisi, yaitu sebagai berikut:
  • Bertens menegaskan bahwa tata krama memiliki tiga definisi, yaitu tata krama dalam arti nilai atau norma yang menjadi pedoman pengaturan bagi seseorang atau sekelompok orang. tingkah lakunya, adab dalam arti seperangkat prinsip atau nilai moral budi pekerti, dan adab dalam arti ilmu baik buruknya.
  • Menurut Black, tata krama adalah ilmu yang menggambarkan bagaimana manusia memperlakukan sesamanya.
  • Menurut Taryati, adat istiadat atau moral adalah aturan yang diwariskan dan dikembangkan dalam budaya suatu masyarakat, yang dengannya seseorang dapat menciptakan keakraban, saling pengertian, dan saling menghormati dalam berinteraksi dengan orang lain, menurut praktik yang telah ditetapkan.



Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa tata krama adalah tindakan atau kegiatan yang teratur dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kebiasaan atau norma yang berlaku saat berinteraksi dengan lingkungan. Dengan kata lain, tata krama adalah norma-norma konvensional yang mengatur tata krama yang disepakati dengan lingkungan.


Coba tuliskan di kolom komentar, tata krama apa saja yang dapat dilakukan dilingkungan sekolah dan dirumah, (minimal 7 ya sobat cgtrend.blogspot.com)


Manfaat Tata Krama

Soehardi menyatakan dalam buku Humaniora (1997) pengertian tata krama berarti perilaku normatif dalam hubungan sosial (interaksi antar individu masyarakat), yang mengupayakan ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat.


Kelebihan tata krama dalam kehidupan sosial adalah kepribadian yang baik dan menghargai orang lain, sehingga seseorang lebih mudah diterima dalam lingkungan sosial.


Tata krama membuat seseorang lebih dihormati, membuat orang lain enggan untuk berperilaku kasar, membuat orang lain nyaman, yang memudahkan membangun hubungan baik dengan orang lain. Tata krama membantu terciptanya ketertiban, keserasian, keselarasan, keamanan, kedamaian dan rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat.


Pemanfaatan suasana ini juga dapat meminimalisir konflik pada masyarakat. Membersihkan pribadi dari perilaku buruk juga meningkatkan kesuksesan. Bahkan sebuah penelitian dari Harvard dan Stanford menunjukkan bahwa keterampilan teknis hanya menyumbang sekitar 15% untuk kesuksesan seseorang. Menurut situs web Beyond Etiquette, pentingnya tata krama memupuk hubungan kerja yang positif dan dengan demikian memungkinkan Anda menghadapi tantangan masa depan dengan kekuatan karakter dan integritas.


Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari mempelajari dan menerapkan kebiasaan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:
  • Kemampuan untuk membuat seseorang menghargai, dihargai dan menyukai orang lain.
  • Mendapat kenyamanan dari hubungan baik dengan orang lain.
  • Dapat mengandalkan dirinya sendiri dalam situasi apapun.
  • Mampu menjaga suasana yang baik di lingkungan keluarga, tempat kerja dan lingkungan pertemanan.



Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat tata krama yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan rasa bangga dan pada diri sendiri menjadi contoh yang baik dalam kehidupan serta menguatkan kekuatan seseorang.


Kalau menurut kamu, selain pernyataan diatas, apa lagi sih manfaat dari tata krama? yuk sharing jawaban kamu di kolom komentar.


Selain Manfaat dan Pengertian yang telah dibahas pada artikel diatas, selanjutnya cgtrend akan membahas beberapa jenis-jenis dari tata krama itu sendiri ya, sobat cgtrend.blogspot.com.

Posting Komentar untuk "Pembahasan Tata Krama"