5 Pengertian Tata Krama Menurut Para Ahli

Ilustrasi tata krama Siswa.
Ilustrasi tata krama Siswa. Foto: dok. Kemdikbud


Jakarta, Cgtrend.blogspot.com-Tata krama terdiri atas kata Tata Artinya adat, norma atau aturan dan Krama artinya sopan santun atau aturan tindakan. Jadi tata karama artinya norma kebiasaan yang mengatur sopan santun dan disepakati oleh lingkungan. Ada berbagai macam definisi tentang tata krama. Mulai dari buah dari pikiran manusia hingga ciptaan hidup dari suatu bangsa. Sistem pengaturan dalam pergaulan yang harus memiliki sikap saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun.


Pengertian Tata Krama Menurut Para Ahli

Menurut para ahli tata karma atau etika tidak lain adalah perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini :


1. Drs. O. P Simorangkir. Tata karma atau etika sebagai pandangan manusia dalam berpengaruh dalam berpakaian menurut ukuran dan nilai yang baik.


2. Drs. Sidi Gajalba. Dalam sisitematika filsafat , tata krama adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik maupun buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.


3. Drs. H. Burhanudin Salam. Tata karma atau etika adalah filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma yang prilaku manusia dalam hidupnya.


4. Bertens (1999 : 6). Tata karma etika memiliki 3 arti yaitu
  1. Etika dalam arti nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok orang dalam mengatur tingkah lakunya.
  2. Etika dalam arti kumplan asas atau nilai moral dimaksukan sebagai kode etik.
  3. Etiks dalam arti ilmu tentang yang baik atau buruk.



5. Black (1990: 11) Etika ilmu yang mempunyai cara manusia memperlakukan sesamanya dan apa hidup yang baik.


Nah, itulah pengertian tata krama menurut para ahli dan pakar etika. Sehingga, tata krama adalah Etika ilmu yang mempunyai cara manusia memperlakukan sesamanya dan apa hidup yang baik merupakan definisi menurut Black, tahun 1990. (dok/dok)

Posting Komentar untuk "5 Pengertian Tata Krama Menurut Para Ahli"