Pengertian dari Capaian Pembelajaran (CP). Alur Tujuan Pembelajaran * |
Cgtrend.blogspot.com: Kegiatan belajar mengajar merupakan bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah. Salah satu keberhasilan pencapaian pendidikan di antaranya tergantung pada kualitas proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran terdiri dari pendidik dan peserta didik yang di dalamnya melibatkan aspek intelektual, emosional dan perilaku yang menghasilkan suatu produk hasil belajar.
Baca: CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pencapaian dalam pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kualitas kegiatan dalam belajar mengajar. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Belajar merupakan suatu proses perubahan yang terjadi pada diri seseorang kearah yang positif dan memiliki manfaat baginya. Perubahan yang dimaksud yaitu perubahan pengetahuan, pemahaman sikap dan tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan kemampuan, serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang sedang belajar.
Pada Kurikulum Merdeka, Suatu proses belajar mengajar dikatakan berhasil apabila apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Dan inilah yang disebut dengan Tujuan CP (Capaian Pembelajaran).
Apakah CP itu.
CP adalah istilah dalam ilmu pendidikan singkatan dari Capaian Pembelajaran atau dapat diartikan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Berarti untuk menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi disebut CP.CP harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai.
Untuk pencapaian tujuan belajar, guru dituntut untuk memilih dan menentukan strategi belajar mengajar yang tepat supaya siswa mampu mengembangkan kemampuan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya sesuai kriteria penilaian. Seorang guru dituntut untuk mengerti alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sehingga ia dapat menguasai kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Komponen ATP yang harus dikuasai baik itu penggunaan strategi pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran yang bervariasi yang mampu meningkatkan minat belajar siswa sehingga mampu mencapai Tujuan Belajar.
Tujuan Belajar dengan CP, bersama dengan kriteria penilaian, dapat menentukan persyaratan untuk pemberian kredit (Butcher dan Highton, 2006). Akumulasi dan transfer kredit dapat dilakukan apabila terdapat capaian pembelajaran yang jelas untuk menunjukkan secara tepat atas kredit yang diberikan (Gonzale'z dan Wagenaar, 2005). Hal ini mengidentifikasi CP sebagai tujuan belajar yang terukur.
Cgtrend.blogspot.com dari berbagai sumber. ***
Posting Komentar untuk "Pengertian Capaian Pembelajaran (CP)"