Pengertian kurikulum menurut definisi (Cgtrend.blogspot.com) |
Murray Print yang mengemukakan pendapatnya bahwa pengertian kurikulum adalah sebuah ruang pembelajaran yang terencana, yang diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua siswa pada saat kurikulum diterapkan.
Baca Juga: DEFINISI, MANFAAT, DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Dalam mengembangkan kurikulum, menurut Tyler ada empat langkah pengembangannya yakni menentukan tujuan, menentukan pengalaman belajar, mengelola atau mengorganisasikan pengalaman, dan menilai/evaluasi pembelajaran. Apabila langkah-langkah mengembangkan kurikulum, diterapkan, siapa sajakah yang mesti ikut terlibat? untuk menjawab soal tersebut, siapa saja yang mempunyai peranan dalam mengembangkan kurikulum sekolah.
Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Pengembangan Kurikulum
Dalam pengembangan suatu kurikulum banyak pihak yang turut berpartisipasi di dalamnya antara lain :1. Peranan administrator pendidikan
Administrator ini dibagi menjadi atas 2 bagian:- Administrator daerah (Kepala Kantor wilayah/pusat) : Mempunyai peranan dalam menyusun dasar-dasar hukum, menyusun kerangka dasar serta program inti kurikulum.
- Administrator lokal (kabupaten, kecamatan, dan kepala sekolah) : Mempunyai peranan dalam mengembangkan kurikulum sekolah bagi daerahnya yang sesuai dengan kebutuhan daerah. Dalam sekolah administratornya adalah Kepala Sekolah yang mempunyai wewenang dalam membuat operasionalisasi sistem pendidikan pada masing-masing sekolah.
2. Peranan para ahli
Peran para ahli, baik ahli pendidikan, ahli kurikulum maupun ahli bidang studi/disiplin ilmu adalah memilih materi bidang ilmu yang mutakhir dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan yang disesuaikan dengan struktur keilmuannya agar memudahkan siswa untuk mempelajarinya.3. Peranan guru
Guru memegang peranan cukup penting baik sebagai perencana pelaksanaan dan pengembangan kurikulum. Juga merupakan penerjemah kurikulum yang datang dari atas. Disamping itu guru berperan sebagai pelajar dalam masyarakat sebab harus belajar struktur sosial budaya masyarakat, nilai-nilai utama, pola-pola tingkah laku dalam masyarakat.4. Peran orang tua murid
Peran orang tua murid berkenaan dengan dua hal :- Dalam penyusunan kurikulum
- Dalam pelaksanaan kurikulum dengan mengawasi dan mengamati anak belajar, mengikuti kegiatan di sekolah seperti pertemuan orang tua wali murid, dan sebagainya.
Baca Juga: Pengertian Pendidikan Sekolah: Jenjang, Jenis, Fungsi, dan Komponen Pendidikan
Adapun faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum:
- Tenaga kependidikan yang dihasilkan perguruan tinggi.
- Kesesuaian isi kurikulum dengan kebutuhan masyarakat.
- Sistem nilai yang ada di masyarakat seperti, moral, keagamaan, sosial budaya, dan lain-lain.
Itulah materi mengenai "4 Pihak Yang Terlibat Dalam Pengembangan Kurikulum dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya" yang dapat dishare Cgtrend.blogspot.com, semoga dengan adanya penjelasan ini, maka mempermudah kamu dalam menemukan Pengertian kurikulum menurut definisi para ahli ya sobat Cgtrend.blogspot.com, termasuk Peranan pengembangan dalam sebuah ruang pembelajaran yang terencana, yang diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua siswa pada saat kurikulum diterapkan sebagaimana tulisan Cgtrend.blogspot.com, diatas***
Posting Komentar untuk "4 Pihak Yang Terlibat Dalam Pengembangan Kurikulum"