TOPIC MUSIC: UNSUR & PENGERTIAN MUSIK

https://cgtrend.blogspot.com/2008/
Ilustrasi gambar seorang cewe sedang bermain alat musik gitar. (https://cgtrend.blogspot.com/)

PENGERTIAN MUSIK MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990), “Pengertian musik secara umum adalah suara yang berirama yang dapat didengarkan oleh telinga manusia. Musik dapat dinikmati karena alunan dari iramanya yang dapat merubah suasana”.


Menurut Sunarko (1985:5) Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang dituangkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi, ritme, serta mempunyai unsur keselarasan yang indah.


Selain Sunarko, Maryoto (1989:9) juga menyatakan bahwa Musik adalah gerakan bunyi dan musik merupakan totalitas fenomena akustik yang apabila diuraikan terdiri dari pokok yaitu : (1) Unsur yang bersifat material, (2) Unsur yang bersifat Spiritual, (3) Unsur yang bersifat moral, musik bukanlah sekedar emosi atau rasa yang akal budi”.


Dari pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa musik (Music) merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara dalam bentuk melodi, ritme, dan harmoni. Sebagaimana manusia menggunakan katakata untuk memindahkan suatu konsep, ia juga menggunakan komposisi suara untuk mengungkap perasaan batinnya. Musik merupakan hasil dari cipta dan rasa manusia atas kehidupan dunianya.


UNSUR-UNSUR MUSIK

Menurut Elisabeth B. Hurlock (1996:261) dalam buku Psikologi Perkembangan-Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, “Musik merupakan bagian dari kehidupan dan perkembangan jiwa manusia”. Beberapa unsur musik diantaranya:


1. Ritme/Irama

Jamalus (1988:8), Irama sebagai rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar dalam musik, irama dalam musik terbentuk dari sekelompok bunyi dengan bermacam-macam lama waktu dan panjang. Irama tersusun atas dasar ketukan tersebut terdiri dari ketukan kuat atau ketukan lemah.


Menurut Sudarsono (1991:14), dalam rangkaian praktik sehari-hari irama mempunyai dua pengertian. Pengertian pertama irama diartikan sebagai pukulan atau ketukan yang selalu tetap dalam suatu lagu berdasarkan pengelompokan pukulan kuat dan pukulan lemah. Pengertian kedua irama diartikan sebagai pukulan-pukulan berdasarkan panjang pendeknya atau nilai nada dalam suatu lagu.


Sebuah lagu baik vokal maupun instrumental merupakan alur bunyi yang teratur. Dalam lagu terdapat adanya suatu pertentangan bunyi antara bagian yang bertekanan ringan dan bagian yang bertekanan berat. Pertentangan bunyi yang tertatur dan selalu berulang-ulang disebut irama atau ritme (Sukohardi, 1988:16).


2. Melodi

Melodi adalah susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran yang teratur) yang terdengar berurutan serta bersama dengan mengungkapkan suatu gagasan (Jamalus, 1988:16).


3. Struktur Lagu

Bentuk atau struktur lagu adalah susunan atau hubungan antara unsurunsur musik dalam suatu lagu, sehingga menghasilkan komposisi lagu yang bermakna (Jamalus, 1988:35).


4. Harmoni

Menurut Jamalus (1988:35), “Harmoni adalah keselarasan bunyi yang merupakan gabungan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi rendahnya”. Harmoni sebagai gabungan beberapa nada yang dibunyikan secara serempak atau arpeggio (berurutan), waktu tinggi rendah nada tersebut tidak sama tetapi selaras kedengarannya dan mempunyai kesatuan yang bulat.


5. Syair

Menurut Suharto (2006:17), ”Lirik lagu pada hakikatnya adalah sebuah bahasa dalam penyusunannya tidak lepas dari kaidah-kaidah musik, seperti irama lagu, melodi lagu. Di samping harus indah, lirik harus menyesuaikan keindahan irama musik. Lebih lanjut dikatakan lirik atau sya‟ir lagu secara sederhana adalh kata-kata pada lagu. Lirik pada sebuah lagu berperan tidak hanya sebagai pelengkap lagu tetapi juga sebagai desain penting lagu yang menentukan tema lagu, karakter dan misi lagu”.


Tarwiyah (2004:85) mengatakan lirik lagu adalah ungkapan pencipta, yang dituangkan malalui kata-kata yang bermakna. Jadi lirik lagu dapat mencerminkan suasana yang senang, sedih, haru, kecewa, marah, dan sebagainya.


6. Ekspresi

Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan mencangkup tempo, dinamika dan warna nada dari unsur-unsur pada musik yang diwujudkan oleh seniman musik, penyanyi yang disampaikan pada pendengarnya (Jamalus, 1988:38). Dengan begitu ekspresi merupakan unsur perasaan yang terkandung dalam kalimat bahasa dan kalimat musik, yang melalui kalimat musik inilah pencipta lagu atau penyanyi mengungkapkan rasa yang terkandung dalam suatu lagu.


7. Aransemen

Aransemen berasal dari kata arrange yang berarti menyusun musik dan arrangement yang berarti susunan musik (John M. Echols dan Hassan Shadily, 2000:38) yaitu mengubah musik kedalam bentuk yang baru, tetapi tidak meninggalkan bentuk aslinya.


GRAMATIKA MUSIK

Musik memiliki banyak sekali macam jenis gramatika atau biasa disebut genre. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.


Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain (Wikipedia). Beberapa genre dan sub-genre tersebut diantaranya:


1. Jazz

Joachim Barendt mendefinisikan jazz sebagai sebuah bentuk seni musik yang berasal dari Amerika Serikat. Musik itu dimainkan oleh orang-orang Afro-Amerika yang mengkontradiksikan muskc Eropa (Barendt, 1981:317).


Jazz memiliki beberapa subgenre diantaranya dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan caf jazz.


2. Blues

Menurut Komara (2006: 105) blues memiliki bentuk umumnya 8, 12, dan 16 bar, menggunakan skala salah satu melodi dan skema sajak dan dinyanyikan atau ditampilkan dengan alat musik. Adapun beberapa subgenre dari blues diantaranya R n B, Gospel, Soul, dan Funk.


3. Funk

Funk adalah sebuah genre musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues dari daerah Louisiana pada tahun 1960-an. Genre musik ini terkait dekat dengan musik soul dan memiliki sub-genre seperti Funk dan Funk Rock.


4. Rock

Dalam pengertian yang paling luas, meliputi hampir semua musik pop sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, adalah perpaduan dari berbagai genre di akhir 1940-an. Musik rock kemudian berkembang menjadi psychedelic rock, kemudian menjadi progressive rock. Akhir 1970-an musik punk rock mulai berkembang, Pada tahun 1980-an, rock berkembang terus, terutama metal berkembang menjadi hardcore, thrash metal, glam metal, death metal, black metal dangrindcore. Ada pula british rock serta underground.


5. Metal

Metal merupakan aliran musik yang lebih keras dibandingkan dengan Rock walau terdapat juga band metal yang memiliki lagu dengan nyanyian yang terkesan slow. Genre Metal yang dikategorikan keras di mana lagunya memiliki vocal scream, growl dan pigsqueal di mana vokal ini lebih banyak digunakan di aliran hardcore, postHardcore, screamo, metalcore, deathcore, deathmetal, black metal, electronic hardcore dan lainnya.


KESIMPULAN

Dari pendapat-pendapat di atas cgtrend.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa musik (Music) merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara dalam bentuk melodi, ritme, dan harmoni. Sebagaimana manusia menggunakan katakata untuk memindahkan suatu konsep, ia juga menggunakan komposisi suara untuk mengungkap perasaan batinnya. Musik merupakan hasil dari cipta dan rasa manusia atas kehidupan dunianya.


Musik memiliki banyak sekali macam jenis gramatika atau biasa disebut genre. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.


Menurut Maryoto (1989:9) juga menyatakan bahwa Musik adalah gerakan bunyi dan musik merupakan totalitas fenomena akustik yang apabila diuraikan terdiri dari pokok yaitu : (1) Unsur yang bersifat material, (2) Unsur yang bersifat Spiritual, (3) Unsur yang bersifat moral, musik bukanlah sekedar emosi atau rasa yang akal budi”.


Baca:



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990), “Pengertian musik secara umum adalah suara yang berirama yang dapat didengarkan oleh telinga manusia. Musik dapat dinikmati karena alunan dari iramanya yang dapat merubah suasana”.


Demikianlah pendefinisian Trending topic Music dalam postingan cgtrend.blogspot.com, semoga bermanfaat;

Posting Komentar untuk "TOPIC MUSIC: UNSUR & PENGERTIAN MUSIK"