HARI ANAK INTERNASIONAL

https://cgtrend.blogspot.com/
Ilustrasi gambar anak-anak sekolah dasar (SD). Gambar cgtrend.blogspot.com

20 November: Hari Hak Anak

Hari Anak (atau Hari Hak Anak) dirayakan setiap tanggal 20 November; Hari ini menandai peringatan Konvensi Internasional untuk Hak Anak pada tanggal 20 November 1989.


Sejarah Hari Anak

Pada tahun 1954, PBB merekomendasikan bahwa "setiap negara harus memperkenalkan Hari Anak yang akan didedikasikan untuk persaudaraan dan pemahaman di antara anak-anak di dunia, dan yang akan menonjol dengan kegiatan yang mendorong kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia."


Jika PBB "menyarankan kepada pemerintah masing-masing negara bagian untuk memperingati Hari anak-anak pada hari itu dan dengan cara yang paling sesuai untuk mereka", peristiwa tahun 1959 dan 1989 pasti akan menjadi tanggal 20 November.


Faktanya, pada 20 November 1959, PBB mengadopsi deklarasi Hak Anak, dan pada 20 November 1989, hampir semua negara yang ikut serta dalam PBB meratifikasi Konvensi Internasional untuk Hak Anak. Hingga saat ini, hanya Amerika Serikat dan Somalia belum meratifikasi konvensi ini.


Apa nama yang "benar" untuk hari ini?

Menurut Resolusi 836 (IX) Desember 1954 PBB, sebutan asli untuk hari ini adalah "Hari Anak".


Namun, sepanjang peristiwa bersejarah yang terjadi pada tahun 1959 dan 1989, Hari Anak ini juga dikenal sebagai hari Hak Anak atau Hari Hak Anak Internasional.


Mengapa Hari Anak?

Pembentukan Hari Anak-anak oleh PBB bertujuan untuk menarik perhatian tentang masalah penting: Kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia.


PBB telah mempertimbangkan bahwa mereka “tidak akan dapat memenuhi kewajiban mereka mengenai generasi masa depan tanpa meningkatkan upaya mereka demi kepentingan Anak-anak di dunia, yang merupakan warga negara masa depan, dan bahwa perayaan Hari Anak di seluruh dunia akan berkontribusi bagi umat manusia. solidaritas dan kerjasama internasional.




Setiap tahun, tanggal 20 November mengingatkan kita bahwa "kemanusiaan harus memberikan yang terbaik kepada anak-anak yang dapat diberikannya". Hari ini mengingatkan kita akan pentingnya bertindak demi kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. ( https://cgtrend.blogspot.com/ )

Posting Komentar untuk "HARI ANAK INTERNASIONAL"