PESAN DAN TEMA BULAN RAMADHAN 2022

CGTREND: Menyambut Puasa tentu banyak kegiatan acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) mengangkat pesan Tema menjelang Bulan Ramadhan di Tahun 2022/ 1443 H termasuk Panduan Tuntunan melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih, Sahur dan buka puasa, Peringatan Nuzulul Quran, bacaan doa niat berpuasa hingga Sholat Idulfitri dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Menag) di Masa Pandemi Wabah Virus Corona (COVID-19) sebagaimana contoh lengkap berikut:


TEMA PHBI - BULAN RAMADHAN 2022
Sambutan Ramadhan Tahun 2022 sebagai materi Kultum dan Ceramah : Ramadhan di tengah Wabah Corona


https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar pesan tema dan kata-kata bulan ramadhan di 2022



PESAN BULAN RAMADHAN 2022

Tulisan Pesan Ramadhan tahun ini, cgtrend.blogspot.com kutip dari surat edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Ditengah Pandemi Wabah Covid-19 yang secara lengkap telah dapat di download dalam format pdf di situs resmi https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/55156/se-menteri-agama-nomor-6-tahun-2020-tentang-panduan-ibadah-ramadhan-dan-idul-fitri-1441-h-ditengah-pandemi-wabah-covid-19


1. Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah.


2. Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu sahur on the road atau ifthar jama’i (buka puasa bersama).


3. Sholat Tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah;


4. Tilawah atau tadarus Alquran dilakukan di rumah masing-masing berdasarkan perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan tilawah Alquran;


5. Buka puasa bersama baik dilaksanakan di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid maupun musala ditiadakan;


6. Peringatan Nuzulul Quran dalam bentuk tablig dengan menghadirkan penceramah dan massa dalam jumlah besar, baik di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid maupun musala ditiadakan;


7. Tidak melakukan iktikaf di 10 (sepuluh) malam terakhir bulan Ramadan di masjid/musala;


8. Pelaksanaan Sholat Idulfitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid atau di lapangan ditiadakan, untuk itu diharapkan terbitnya Fatwa MUI menjelang waktunya.


9. Agar tidak melakukan kegiatan sebagai berikut:
a) Sholat Tarawih keliling (tarling);
b) Takbiran keliling. Kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara;
c) Pesantren Kilat, kecuali melalui media elektronik.


10. Silaturahim atau halal bihalal yang lazim dilaksanakan ketika hari raya Idulfitri, bisa dilakukan melalui media sosial dan video call/conference.


11. Pengumpulan Zakat Fitrah dan/atau ZIS (Zakat, Infak, dan Shadaqah):
a) Mengimbau kepada segenap umat muslim agar membayarkan zakat hartanya segera sebelum puasa Ramadan sehingga bisa terdistribusi kepada Mustahik lebih cepat.
b) Bagi Organisasi Pengelola Zakat untuk sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian. Hal tersebut diganti menjadi sosialisasi pembayaran zakat melalui layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan.
c) Organisasi Pengelola Zakat berkomunikasi melalui unit pengumpul zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah yang berada di lingkungan masjid, musala, dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menyediakan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tissue) di lingkungan sekitar.
d) Memastikan satuan pada Organisasi Pengelola Zakat, lingkungan masjid, musala dan tempat lainnya untuk  melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan penerimaan zakat secara rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik (keyboard), alat pencatatan, tempat penyimpanan dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan. Gunakan petugas yang terampil menjalankan tugas pembersihan dan gunakan bahan pembersih yang sesuai untuk keperluan tersebut.
e) Mengingatkan para panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS untuk meminimalkan kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan ketika melakukan penyerahan zakat.


12. Penyaluran Zakat Fitrah dan/atau ZIS (Zakat, Infak, dan Shadaqah):
a) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menghindari penyaluran zakat fitrah kepada Mustahik melalui tukar kupon dan mengadakan pengumpulan orang.
b) Organisasi Pengelola Zakat Fitrah dan/atau ZIS  yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menghindari penyaluran zakat fitrah kepada Mustahik melalui tukar kupon dan mengumpulkan para penerima zakat fitrah.
c) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk melakukan penyaluran dengan memberikan secara langsung kepada Mustahik.
d) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah atau ZIS yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk proaktif dalam melakukan pendataan Mustahik dengan berkoordinasi kepada tokoh Masyarakat maupun Ketua RT dan RW setempat.


13. Petugas yang melakukan penyaluran zakat fitrah dan/atau ZIS  agar dilengkapi dengan alat pelindung kesehatan seperti masker, sarung tangan dan alat pembersih sekali pakai (tissue).


14. Dalam menjalankan ibadah Ramadan dan Syawal, seyogianya masing-masing pihak turut mendorong, menciptakan, dan menjaga kondusivitas kehidupan keberagamaan dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah.


15. Senantiasa memperhatikan instruksi Pemerintah Pusat dan Daerah setempat, terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.


Catatan: Kata Menag RI "Semua panduan di atas dapat diabaikan bila pada saatnya telah diterbitkannya pernyataan resmi Pemerintah Pusat, untuk seluruh wilayah negeri, atau Pemerintah Daerah untuk daerahnya masing-masing, yang menyatakan keadaan telah aman dari Covid-19."



Selamat Ramadhan dan Menunaikan Ibadah Puasa




https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar tema logo pesan dan ucapan bulan Ramadhan tahun 2022



Baca:



UCAPAN SELAMAT RAMADHAN DAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN DARI CGTREND.BLOGSPOT.COM
  • Selamat Ramadhan 2022, 2 April. Allah SWT mencintai semua orang dan cintanya begitu baik dalam mengingatkan kita akan terus mengintropeksi diri melalui cobaan pendemi virus corona. Dalam menyambut bulan puasa yang dirindu. Ada berkah dan hikmah untuk kita semua. Ucapkan terima kasih dan rasa syukur kepada Allah Yang Mahakuasa untuk renungan yang baru. Dengan berkah-Nya, semoga Ramadhan ini menjadi berkah bagi kita semua.
  • Ramadhan ini terus merasa terberkati dan segalanya akan berubah ketika terberkati dan Anda akan memiliki alasan untuk mengatakan Selamat Ramadhan 24 April berharap semua Selamat dan Percaya pada kekuatan-Nya, berkah-Nya dan cinta-Nya menyelamatkan manusia pada kekuatan-Nya dan rahmat-Nya.
  • Berkah sempurna tetap dari Allah setiap hari, bulan dan Tahun yang tepat ada di ibadah puasa ini untuk tetap disambut jadi biarkan kerinduan Puasa Ramadhan Bersamamu sepanjang kehidupan Biarkan ada lebih banyak cahaya Biarkan segala sesuatunya menjadi lebih cerah Semoga rahmat dari jenis kedamaian, Selamat Melaksanakan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan untukmu!
  • Allah memberkahi semua orang di bulan suci ini Bersikap baik untuk semua tanpa alasan Doa cgtrend.blogspot.com satu-satunya adalah untuk Anda Ya Allah Kabulkan setiap ucapan doa dan selamatkan keluarga dan teman-teman kami, Selamat Ramadhan dan Malam Nuzulul Quran membawa harapan keselamatan, memberkahi semua karena ini bukan hanya tema pesan namun doa-dao saya pada puasa Ramadhan yang indah dan penuh berkah juga ampunan ini!
  • Maafkan semua karena ini adalah bulan puasa yang penuh memafkan dan ampunan. Maafkan semua karena ini adalah bulan puasa yang penuh berkah. Allah ada bersama Anda dalam segala hal yang Anda lakukan bersama keluarga dan teman-teman. Dia akan ada di sana bersama Anda. Untuk menjaga hati Anda tetap kuat. Ramadhan dimaksudkan sebagai pensucian diri, harapan, pembaruan, dan kehidupan yang selamat dunia akhirat. berkah Selamat Ramadhan!
  • Allah akan memberkahi Anda bulan puasa tahun ini, maaf dan ampunannya akan menjadi yang tertinggi dan akan tetap tinggal, jadi katakan saja doa pengasih untuk yang baik Ingatlah dia dari hati dan pikiranmu Tetap bahagia, selamat dan dia akan ada di sana untuk mengubah kehidupan dengan berkah dan keselamatan menjadi hal yang Anda diridhoi melalui berkah untuk Bulan puasa Ramadhan ini, Selamat Ramadhan untuk Anda!
  • "Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu sahur on the road atau ifthar jama’i (buka puasa bersama)." - Pesan Kemenag melalui surat edaran Menteri Agama Nomor 6 tentang panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Ditengah Pandemi Wabah Covid-19 di 2020
  • Sholat Tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah, cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat melaksanakan Sholat Tarawih dan melaksanakan Ibadah Puasa!
  • Puasa Ramadhan adalah ibadah yang suci; Saling menita maaf dan memaafkan, dengan lembut menyerahkan diri; untuk tidak mementingkan diri sendiri, Dalam Islam, melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan mendapatkan makna religius, yaitu sebagai peningkatan ketaqwaan dan penyerahan diri secara ikhlas. Selamat 1 Ramadhan 1441 H/ 2020!
  • 1 Ramadhan 1443 H/ 2022 telah tiba, semua amalan ibadah mesti ditingkatkan, Yang sunnah menyempurnakan amalan wajib, Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2020
  • Satu-satunya orang buta di Ramadhan adalah dia yang belum dapat mengambil hikmah Ramadhan sebenar-benarnya di hatinya. - cgtrend.blogspot.com
  • Ramadhan bukanlah sekedar Bulan atau hari puasa, tetapi keadaan pikiran. Menghargai perdamaian dan niat baik, menjadi berlimpah dalam belas kasihan, terutama dalam masalah pandemi Covid-19 untuk tetap memiliki semangat Ramadhan yang sesungguhnya.
  • Tidak akan ada hari kemenangan IdulFitri jika tidak ada Ramadhan
  • Ramadhan adalah Bulan puasa suci dan wajib yang menyatukan semua waktu, cgtrend mengucapkan selamat Ramadhan untuk sahabat umat Islam yang melaksanakannya.
  • selamat Ramadhan tahun 2022 dan Bulan dengan Tahun harapan Baru!. Kita mungkin mencari Allah setiap tahun dengan kecerdasan kita, tetapi kita hanya dapat menemukannya dengan hati kita.
  • Yang terbaik dari semua ibadah di sekitar puasa Ramadhan: kehadiran keluarga yang bahagia semuanya berkumpul satu sama lain. Selamat Ramadhan dan Selamat Bulan puasa 2022!

Baca:


Dalam menyambut puasa Bulan Ramadhan melalui SE Kemenag Tahun 2020 berharap kita menjalankan ibadah Ramadan dan Syawal, seyogianya masing-masing pihak turut mendorong, menciptakan, dan menjaga kondusivitas kehidupan keberagamaan dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah, yang Insya Allah dimulai  pada 24 April 2020 untuk informasi panduan lengkap Ibadah Sholat Tarawih, Sahur dan buka puasa, Peringatan Nuzulul Quran, bacaan doa niat berpuasa hingga Sholat Idulfitri, apabila ingin mendapatkan informasi lengkapnya dengan mendownload / unduh file pesan Bulan Ramadhan Tahun 2020 dapat mengunjungi situs Resmi kemenag.go.id


Semoga informasi cgtrending Topic tentang Tema Bulan Ramadhan 2022 ini dapat membantu kita dalam membuat persiapan dalam menyambut puasa hingga hari kemenangan (Idul Fitri) dengan selamat dunia dan akhirat.


Akhirnya sebatas pesan dengan kata singkat cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2022 / 1443 H bagi teman beragama Islam, Semoga dunia tahun ini dipenuhi dengan cinta dan keberkahan Ramadhan. Semoga kita semua mendapatkan mekna terbaik di kehidupan baru yang akan datang.

Posting Komentar untuk "PESAN DAN TEMA BULAN RAMADHAN 2022"