DOA AWAL DAN AKHIR TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1445 H 2023-2024

CGTREND: Berdasarkan kalender Islam peringatan atau perayaan awal bulan 1 Muharram tahun baru 1445 Hijriyah (Tahun 2023-2024 Masehi) diperkirakan jatuh pada hari Rabu 19 Juli 2023.


Sudah semestinya secara bijaksana pergantian tahun baru diperingati dengan kegiatan acara bermakna bertujuan untuk memaknai juga merefleksi diri sebagai resolusi baru buat tahun baru supaya menjadi insan yang lebih baik namun bukan sekedar ucapan tapi harus diiringi dengan kata doa dan harapan keselamatan.


Mengutip dari Kitab Majmu’ Syarif:


DOA AWAL DAN AKHIR TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1445 H 2023-2024 TARIKH ISLAM

Fadilah Doa Awal Tahun - 2023-2024 1 Muharram 1445 H

Diharapkan doa awal tahun supaya dibaca pada malam pertama yaitu tanggal 1 Muharram setelah shalat Maghrib sebanyak 3 kali. Barang siapa membaca doa awal tahun, syetan berkata: "Telah amanlah anak Adam dari padaku dari umurnya tahun ini, karena Allah telah mewakilkan dua Malaikat memelihara dia dari pada fitnah syetan".

https://cgtrend.blogspot.com/




Bacaan Doa Awal Tahun.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang dan keselamatan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabatnya.

اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الْاَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهٰذَاعَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ عَلَيْنَا

Ya Allah, Engkaulah yang abadi, yang terdahulu dan yang Awal. Dan hanya anugerah-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang menjadi tempat bergantung, tahun baru telah datang kepada kami.

نَسْاَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَاَوْلِيَآئِهٖ وَجُنُوْدِهٖ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ الْاَمَّارَةِ بِالسُّوْٓءِ

Kami mohon perlindungan-Mu di tahun ini dari syetan yang terkutuk, para penolongnya dan bala tentaranya. Dan kami mohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu yang mengajak kepada keburukan

وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Dan kami mohon kepada-Mu agar kami dapat menyibukkan diri dengan segala sesuatu yang bisa mendekatkan diri kepa-Mu wahai Dzat yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan, wahai Dzat yang paling penyayang diantara yang penyayang

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ.
.

Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang dan keselamatan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya.


Baca: DOA AWAL TAHUN BARU DAN DOA AKHIR TAHUN



Fadilah Doa Akhir Tahun - 2023-2024 1 Muharram 1445 H

Doa akhir tahun hendaklah dibaca 3 kali pada akhir bulan Dzulhijjah beberapa saat sebelum matahari terbenam atau akhir waktu ashar. Barang siapa membaca doa akhir tahun pada waktu tersebut, maka berkatalah syetan : "Kesusahan bagiku dan sia-sialah bagiku menggoda anak Adam pada waktu setahun ini, mereka membinasakan dengan satu saat (waktu) dengan sebab membaca doa akhir tahun. Maka diampunilah segala dosanya yang setahun ini".

https://cgtrend.blogspot.com/


Bacaan Doa Akhir Tahun.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang dan keselamatan kepada Junjunga kita Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabatnya.

اَلّٰلهُمَّ مَاعَمِلْتُ فِيْ هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهٗ وَلَمْ تَنْسَهٗ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ.

Ya Allah, apa saja yang telah aku lakukan dalam tahun ini perbuatan yang Engkau larang, sedangkan aku belum bertaubat dan Engkau tidak meridhainya serta tidak melupakannya. Padahal Engkau mengasihi aku di saat Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau mengajak (memerintahkan) kepadaku untuk bertaubat setelah aku berbuat maksiyat kepada-Mu. Maka dari itu aku mohon ampun kepada-Mu, maka ampunilah aku.

وَمَاعَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اللّٰهُمَّ يَا كَرِيْم يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهٗ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ.

Ya Allah, segala apa yang aku kerjakan selama tahun ini, berupa amal yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, kami mohon kepada-Mu ya Allah Dzat yang Maha Mulia, wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, semoga berkenan menerima segala amalku dan semoga Engkau tidak memutus pengharapanku kepada-Mu wahai Dzat yang Maha Mulia.

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ.

Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang dan keselamatan kepada Junjunga kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya.


KESIMPULAN DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU 1 Muharram 1445H 2023 2024 TARIKH ISLAM

Setiap doa dan harapan tentu apabila dilakukan dengan niat serta kekhusu'an InsyaAllah akan terijabah (dikabulkan) - Wallahu A'lam Bishawab. (Red: https://cgtrend.blogspot.com/)

Posting Komentar untuk "DOA AWAL DAN AKHIR TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1445 H 2023-2024"