HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA: SEMUA TRENDING YANG PERLU KAMU KETAHUI

Berikut adalah Tujuan utama, tema, kata-kata Bijak dan Ucapan Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Cgtrend: Hari Kebebasan Pers Sedunia adalah untuk mendukung para profesional media dalam isu-isu kebebasan pers dan etika pribadi. Ini adalah sejarah hari peringatan para jurnalis yang kehilangan nyawa mereka dalam mengejar sebuah cerita. Majelis Umum PBB mencanangkan Hari Pers Sedunia pada Desember 1993. Sejak itu, 3 Mei, peringatan Deklarasi Windhoek diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.


Menurut Undang-undang Dasar negara Indonesia, hak atas kebebasan berbicara dan berekspresi bagi warga negara biasa memiliki status yang sama dengan kebebasan pers. Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945 menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan. Pers yang meliputi media cetak, media elektronik dan media lainnya merupakan salah satu sarana untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan tersebut.


Baca: HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA: 7 KATA BIJAK UNTUK PERINGATAN KEBEBASAN MEDIA


https://cgtrend.blogspot.com/

Konferensi Global Hari Kebebasan Pers Sedunia 2021

UNESCO dan Pemerintah Namibia menjadi tuan rumah konferensi global 2021 dari 29 April -3 Mei di Windhoek. Acara ini dibuat secara fisik dan digital dengan kombinasi partisipasi virtual dan in-presence. Konferensi ini terdiri dari para pemimpin media, aktivis, pembuat kebijakan, media, dan pakar hukum, seniman, dan peneliti dari seluruh dunia.


Fokus utama konferensi ini mencakup ancaman kepunahan yang dihadapi oleh media berita lokal di seluruh dunia karena pandemi Covid-19. Konferensi ini membahas tantangan lingkungan media online, mendorong lebih banyak transparansi di perusahaan internet, memperkuat keselamatan jurnalis, meningkatkan kondisi kerja mereka, dan dukungan untuk media independen.


Tema

Tema Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun ini adalah “Informasi sebagai Barang Publik - Information as a Public Good”. Ini adalah tema paling penting yang memiliki relevansi mendesak bagi semua negara di seluruh dunia. Filosofi ini menyiratkan menghargai informasi sebagai barang publik dan mengeksplorasi apa yang dapat dilakukan dalam produksi, distribusi, dan penerimaan konten untuk memperkuat jurnalisme untuk memajukan transparansi dan pemberdayaan.


Tujuannya juga membantu dalam mengenali perubahan sistem komunikasi yang berdampak pada kesehatan kita, hak asasi manusia kita, demokrasi, dan pembangunan berkelanjutan.


Tiga Tujuan utama Kebebasan Pers Sedunia 2021:

  • Langkah-langkah untuk memastikan kelayakan ekonomi media berita
  • Mekanisme untuk memastikan transparansi perusahaan Internet
  • Peningkatan kapasitas Literasi Media dan Informasi (MIL) yang memungkinkan orang untuk mengenali dan menghargai, serta membela dan menuntut, jurnalisme sebagai bagian penting dari informasi sebagai barang publik



Kata-kata Bijak dan Ucapan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2022

"Kebebasan pikiran manusia diakui dalam hak atas kebebasan berbicara dan kebebasan pers." -Calvin Coolidge.


"Kebebasan Pers, jika itu berarti apa-apa, berarti kebebasan untuk mengkritik dan menentang." - George Orwell.


"Tidak ada penjara yang cukup besar untuk menampung kebebasan berbicara." - Mazen Darwish.


"Kebebasan pers adalah hak istimewa yang berharga yang tidak dapat diabaikan oleh negara mana pun." - Mahatma Gandhi


"Kita harus menjunjung tinggi kebebasan pers dan kebebasan berbicara - karena, pada akhirnya, kebohongan dan kesalahan informasi tidak sebanding dengan kebenaran." -Barack Obama


“Peran jurnalisme adalah untuk memantau setiap pusat kekuasaan.” Bicaralah dengan bebas. cgtrend mengucapkan selamat memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia untuk Anda.

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA TERBARU

Jangan biarkan siapa pun membungkam suara masyarakat dan rakyat. Berdiri bersama dan biarkan pers bebas pada hari ini. cgtrend mengucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional untuk kebebasan dunia informasi.


Pada kesempatan Hari Kebebasan Pers Sedunia ini, kita semua harus ingat bahwa kebebasan pers bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi sarana untuk mencapai masyarakat yang bebas. Selamat peringati Hari Pers Nasional dan Kebebasan Pers Sedunia.


“Satu-satunya keamanan dari semuanya adalah dalam pers yang bebas.” Biarkan suara masyarakat bebas. cgtrend mengucapkan selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia untuk Anda.


“Buka mata Anda ke dunia dan dengarkan kebenaran dengan bantuan pers Nasional yang bebas.” Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia dan itulah yang bisa di share oleh blog cgtrend.blogspot.com

Posting Komentar untuk "HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA: SEMUA TRENDING YANG PERLU KAMU KETAHUI"