4 SYARAT SAH PUASA RAMADHAN

Pengertian Puasa sangat luas tidak hanya sekedar hukum wajib, sunnah, makruh dan haram. cgtrend.blogspot.com - Puasa menyangkut hubungan vertikal dan horizontal. Puasa bersumber dari wahyu sedangkan yang lainnya berasal dari pemikiran manusia dengan beragam ketentuan maupun syarat. Syarat-syarat Puasa terbagi dua, ialah Sah dan Wajib.

Baca: PUASA RAMADHAN: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Yang menjadi dasar-dasar syarat Puasa adalah berupa al-Qur`an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW, serta akal dan nurani manusia serta pandangan umum masyarakat. Sambut bulan suci Ramadhan khususnya terkait dengan melaksanakan Ibadah berpuasa tentang syarat-syarat sah dan wajibnya menjadi topic yang penting diketahui sebelum melaksanakan salah satu ibadah dari rukun Islam ini. Rukun yang dimaksud adalah rukun ke 3 yakni, "Puasa di bulan Ramadan". Berikut Syarat utamanya.


Sebagai referensi pengunjung cgtrend.blogspot.com agar lebih mengetahui Pengertian Puasa sangat luas tidak hanya sekedar hukum wajib, sunnah, makruh dan haram. Inilah adalah 4 Syarat-syarat dalam melaksanakan puasa dengan penjelasannya

https://cgtrend.blogspot.com/


SYARAT SAH PUASA RAMADHAN

1. ISLAM

Syarat sah puasa pertama adalah beragama Islam. Selain Islam, tidak ada kewajiban melaksanakan puasa terutama di bulan Ramadan.


2. BALIGH

Syarat sah puasa kedua adalah Baligh. "Baligh" diambil dari kata bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti "sampai", maksudnya "telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan". Saat seorang anak sudah baligh, menjadi perkara penting dikarenakan kewajiban beragam akan menjadi tanggung jawab diri sendiri. Contohnya puasa di Ramadhan.


3. BERAKAL

Syarat sah puasa ketiga adalah Berakal. Orang beragama Islam yang berakal disebut ulul albab, karena mereka adalah orang yang menggunakan akalnya dan akal adalah yang menjadi pengikat bagi manusia agar dia tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan atau tindakan memalukan. Manusia Ulil Albab merupakan manusia yang senantiasa meletakkan Allah, Rasulullah dan Ajaran Islam didalam hatinya yang paling dalam.


4. SUCI DARI HAID DAN NIFAS

Syarat sah puasa keempat adalah Suci dari haid dan nifas. Menurut ijma' para ulama, wanita yang sedang haid dan nifas tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bahkan haram hukumnya apabila mereka menjalankan puasa.


SYARAT WAJIB PUASA RAMADHAN

1. ISLAM

Syarat Wajib puasa pertama adalah beragama Islam. Selain Islam, tidak ada kewajiban melaksanakan puasa terutama di bulan Ramadan.


2. BALIGH DAN BERAKAL

Syarat Wajib puasa kedua adalah Berakal dan Baligh. "Baligh" diambil dari kata bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti "sampai", maksudnya "telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan". Saat seorang anak sudah baligh, menjadi perkara penting dikarenakan kewajiban beragam akan menjadi tanggung jawab diri sendiri. Contohnya puasa di Ramadhan. Sedangkan Orang beragama Islam yang berakal disebut ulul albab, karena mereka adalah orang yang menggunakan akalnya dan akal adalah yang menjadi pengikat bagi manusia agar dia tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan atau tindakan memalukan. Manusia Ulil Albab merupakan manusia yang senantiasa meletakkan Allah, Rasulullah dan Ajaran Islam didalam hatinya yang paling dalam.


3. SUCI DARI HAID DAN NIFAS

Syarat wajib puasa ketiga adalah Suci dari haid dan nifas. Menurut ijma' para ulama, wanita yang sedang haid dan nifas tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bahkan haram hukumnya apabila mereka menjalankan puasa.

Baca:



4. TIADA KEUZURAN YANG MENGHALANGINYA BERPUASA ATAUPUN MENGHARUSKANNYA BERBUKA

Tiada keuzuran yang menghalanginya untuk berpuasa maupun mengharuskannya berbuka maksudnya adalah bahwa ia mampu melaksanakan ibadah puasa. Arti keuzuran yang merupakan asal kata 'uzur' atau 'udzur' adalah dalam Islam berhubungan dengan terhalangnya seorang muslim melaksanakan ibadah. Contoh Keuzuran yang menghalangi melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah:
  • Berada di dalam keadaan haid atau nifas pada sebahagian waktu siang.
  • Pingsan atau gila sepanjang siang hari. Apabila dia sadar pada waktu siang walaupun satu saat, maka hilanglah keuzuran dan dia wajib menahan diri untuk berpuasa pada hari tersebut.



Contoh Keuzuran yang mengharuskan berbuka sebelum selesai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di hari itu adalah:
  • Sakit yang mendatangkan mudharat yang besar ataupun kesakitan dan kebimbangan yang amat besar kepada orang yang berpuasa. Jika penyakitnya itu menjadi semakin meningkat ataupun kesakitan itu semakin besar (jika dia berpuasa), dan dia bimbang dia akan mati (sekiranya dia meneruskan puasanya), maka pada waktu itu dia wajib berbuka.
  • Musafir yang jauh tidak kurang daripada 83 km dengan syarat ia adalah pemusafiran yang dibenarkan dan mencakupi seluruh hari.



  • Catatan cgtrend: Mengenai seorang yang berpuasa, pada waktu paginya dia bermukim, kemudian dia bermusafir pada waktu siang, maka dia tidak dibenarkan berbuka.


    Adapun dalil terkait kedua penguzuran atau penghalang ini ialah firman Allah;


    وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ


    Artinya: "dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain." (Al-Baqarah : 185)


  • Tidak mampu berpuasa. Olehkarena itu tidak wajib berpuasa disebabkan berat menjalankannya karena terlalu tua atau sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh karena puasa hanya wajib bagi orang yang mampu melaksanakannya. Adapun dalil terkait penghalang ini ialah firman Allah;


    وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ


    Artinya: "Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin." (Al-Baqarah : 184)



Itulah topic jelaskan 4 Syarat syarat sah dan syarat wajib puasa ramadhan untuk tulisan cgtrend.blogspot.com kali ini, semoga penjelasan Pengertian Puasa sangat luas tidak hanya sekedar hukum haram, wajib, sunnah, dan makruh diatas bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "4 SYARAT SAH PUASA RAMADHAN"