ENAM FAKTA YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG AWAL RAMADAN

INDONESIA DIWAKILI KEMENAG RI SECARA TRADISIONAL MENGUMUMKAN MULAI PUASAAN DENGAN MELIHAT POSISI BULAN BERDASARKAN SIDANG ISBAT UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI

1. Awal Ramadan adalah bulan dimana salah satu dari Rukun Islam dijalankan yaitu puasa, oleh sabab itu diperlukannya persiapan diri untuk menyambutnya dengan amalan-amalan menurut Al-Qur'an dan As-sunnah.


2. Pada kalender Hijriyah, Awal Ramadan (juga dikenal Marhaban Ya Ramadhan, Ramadhon, atau dalam bahasa Arab: رمضان) diperingati sejak hari pertama pada 1 Ramadhan, dari visibilitas hilal (Rukyat). Kalender Hijriah. Tahun ini, pada kalender Gregorian, Muhammadiyah tetapkan satu Ramadan 2 April, Hari Raya Idul Fitri 2 Mei.

https://cgtrend.blogspot.com/



3. Bulan ini sangat penting karena dua alasan utama. Awal Ramadan dimulai dengan Rukun dari Agama Islam dan Turunnya Al-Qur'an. Islam berdiri atas lima pilar/ tiang utama yang disebut dengan Rukun. kelima rukun-rukun tersebut adalah:
  • Syahadat: menyatakan kalimat tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu utusan Allah.
  • Shalat: ibadah sembahyang lima waktu sehari.
  • Saum: berpuasa dan mengendalikan diri selama bulan suci Ramadan.
  • Zakat: memberikan 2,5% dari uang simpanan kepada orang miskin atau yang membutuhkan.
  • Haji: pergi beribadah ke Mekkah, setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu.
Dari pedoman ini artinya Ibadah puasa adalah kewajiban bagi seorang Muslim karena puasa termasuk rukun yang ke-3. kedua adalah Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (kata Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an.


4. Pedoman puasa umumnya bukan hanya tentang tata cara doa untuk amalan ucapan sambutan kepada bulan penuh berkah akan tetapi Jadwal Imsak puasa 2022 menjadi salah satu hal terpenting diketahui oleh teman muslim yang berpuasa karena didalamnya terdapat jadwal sholat, berbuka dan imsakiyah.


5. Umat Muslim biasanya memanjatkan doa, meningkatkan ketakwaan, mempererat kebersamaan terutama momentum berbuka, dan sahur, khataman alQuran termasuk sholat malam berjamaah yang disebut Tarawih di masjid-masjid muapun di rumah mereka untuk mencari berkah Allah SWT.


6. Indonesia diwakili Kemenag RI secara tradisional mengumumkan mulai puasaan dengan melihat posisi bulan berdasarkan sidang Isbat untuk menyambut bulan suci.

Posting Komentar untuk "ENAM FAKTA YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG AWAL RAMADAN"