DOA DAN UCAPAN SAMBUT BULAN PUASA RAMADHAN 2022/1443 H

cgtrend.blogspot.com: Persiapkan diri menyambut bulan puasa Ramadhan adalah sangat penting dilakukan apalagi tinggal berapa hari lagi puasa tahun 2022 meskipun penetapan resminya harus menunggu pengumuman dari pemerintah Indonesia melalui Sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1443 Hijriyah.


Karena tinggal berapa hari lagi puasa umat Islam akan sambut bulan puasa Ramadhan tahun 2022/1443 H tentu yang mesti dipersiapkan adalah mengetahui tata cara juga jadwal ibadah seperti waktu sholat maupun jadwal Imsak.


Baca : 20 UCAPAN MENYAMBUT RAMADHAN TAHUN 2022


Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, yang memiliki 12 bulan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia yang penuh berkah dan rahmah. Bulan yang penuh berkah ini banyak dirindu oleh umat Islam di seluruh dunia. Rahmat ALLAH pada bulan Ramadhan salah satunya adalah kita dilatih secara massal untuk menjadi orang baik, mulai dari ibadah satu ke ibadah lainnya. Oleh sebab itu jangan biarkan sedikitpun waktu untuk menyia-nyiakan dalam beribadah, mulai dari sahur, melaksanakan ibadah yang sunnah, juga yang wajib lebih dimaksimalkan. Ramadhan adalah momen dimana banyak waktu mustajab dikabulkannya doa lebih mudah kita jumpai.

https://cgtrend.blogspot.com/


Ramadhan sebagai bulan paling suci dalam setahun bagi umat Islam. Di bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa dari makanan dan minuman selama jam-jam yang diterangi matahari sebagai cara belajar mengendalikan diri, bersyukur, dan berbelas kasih bagi mereka yang kurang beruntung. Ramadan adalah bulan peremajaan spiritual yang intens dengan fokus yang tinggi pada pengabdian, di mana umat Islam menghabiskan waktu ekstra membaca Al-Qur'an dan melakukan doa khusus. Mereka yang tidak dapat berpuasa, seperti wanita hamil atau menyusui, orang sakit, atau orang tua dan anak-anak, dibebaskan dari puasa.


Ramadhan adalah bulan ke 9 dari kalender Islam, yang didasarkan pada 12 bulan tahun lunar sekitar 354 hari. Karena tahun lunar adalah 11 hari lebih pendek dari tahun matahari, setiap bulan lunar bergerak 11 hari lebih awal setiap tahun. Butuh 33 tahun matahari untuk bulan-bulan lunar untuk menyelesaikan siklus penuh dan kembali ke musim yang sama. Tahun ini, bulan puasa Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada 2 April 2022. Bulan ini secara tradisional dimulai dan berakhir berdasarkan penampakan bulan sabit pertama bulan baru. Mulai 2 April, Muslim di seluruh Indonesia dan seluruh dunia akan mulai mencari langit untuk bulan sabit baru, atau dalam beberapa kasus, mereka akan mengikuti tanggal yang telah ditentukan berdasarkan perhitungan astronomi ataupun memahami Rukyat dan Hisab untuk menentukan 1 Ramadan 1443 Hijriyah. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar (Setelah Imsakiyah) hingga matahari terbenam (waktu berbuka), sebagai sarana untuk tumbuh dalam kesadaran juga pengabdian kepada Allah SWT dan keunggulan moral.


Tujuan akhir puasa adalah mendapatkan pengabdian kepada Allah yang lebih besar, dalam bahasa Arab, taqwa, yang menandakan keadaan pengabdian yang konstan. Dari pengabdian ini seseorang harus mendapatkan disiplin, pengendalian diri dan insentif yang lebih besar untuk berbuat baik dan menghindari kesalahan. Dalam peringatan wahyu Al-Qur'an, kitab suci umat Islam, yang dimulai selama bulan Ramadhan, umat Islam berupaya membaca seluruh Al-Qur'an selama bulan Ramadhan dan berkumpul setiap malam di masjid-masjid untuk melaksanakan sholat tarawih.


DOA DAN UCAPAN SAMBUT BULAN PUASA RAMADHAN 1443 H/2022

Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2022/1443 H

Ini adalah doa untuk menyambut bulan Ramadhan (Bulan Puasa, Doa dan Bacaan). Katakan atau diucap sebelum dan selama Ramadhan. Berikut dengan artinya di bawah ini.



اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."


Doa menyambut bulan suci ramadhan diatas dibaca sejak bulan Rajab, diambil dari hadist riwayat Ahmad Nomor 2346 dan 2387, Selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa dibawah ini.


اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Latha-if al-Ma'arif, 148).


Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022/1443 H

Selain amalan bacaan doa diatas tentu telah menjadi tradisi, untuk saling meminta maaf sebelum melaksanakan ibadah puasa banyak kita temukan ucapan selamat dengan kata-kata bijak maupun ucapan-ucapan Ramadhan lainnya. Seperti contoh kumpulan ucapan dibawah cgtrend.blogspot.com:


1. mari kita sambut ramadhan dengan kebersihan hati
barangkali ada prasangka pernah terbersit
ada kata salah terucap
dan ada tingkah laku yang kurang berkenan
sekali lagi cgtrend memohon maaf


2. Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan,
bulan yang penuh dengan ampunan.
perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya..
Met Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 Hijriyah Tahun 2022


3. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan cgtrend ...
“MINAL AIDIN WAL FA IDZIN, MOHON MAAF LAHIR & BATHIN”
Semoga, kita di beri kekuatan dan keringan dalam menjalankan ibadah shaum..


4. Marhaban ya Ramadhan…
Mohon maaf lahir dan bathin ..
Mari sucikan hati, pikiran, dan lisan kita ..
Sambut Ramadhan dengan penuh sukacita


5. Bedug maghrib diiringi adzan..
Terdengar begitu merdunya..
Dengan senyum dari hati kuucapkan..
Selamat Berbuka Puasa dari teman-teman dan keluarga di cgtrend.blogspot.com.


6. Gersang bumi tanpa hujan,
gersang akal tanpa ilmu,
gersang hati tanpa iman,
gersang jiwa tanpa amal …
Marhaban Ya Ramadhan
selamat menunaikan ibadah puasa
mohon maaf lahir dan batin


7. Fajar ramadhan segera menghampiri dunia,
selembar sutra menghapus noda,
sebening embun penyejuk kalbu
sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci.
cgtrend mengucapkan selamat menunaikan puasa Ramadhan 2022/1443 semoga amal kita diterima Allah SWT. Aamiiin …


8. Selera dijamah sebelum Subuh ...
Azan Maghrib tanda berbuka ...
Sebulan cuma Ramadhan berlabuh..
Mohon maaf selagi mata terbuka.


9. Bila dalam kata perbuatan tergores salah dan khilaf, dengan segala kerendahan hati terucap mohon maaf setulus-tulusnya, selamat sambut bulan suci dan selamat menunaikan ibadah puasa 2022 semoga keselamatan selalui menyertai Anda teman!


10. Marhaban yaa Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang
dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadhan kembali menjelang,
salah dan khilaf mohon dimaafkan.
Selamat Menunaikan Ibadah puasa




HADITS BERDOA SAMBUT BULAN PUASA RAMADHAN 2022

Tata cara membaca doa sambut bulan puasa Ramadhan adalah dengan ilmu sesuai sunnah sebagimana Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata, yang artinya: "Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan."  (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).


Ilmu yang dimaksud dalam hal ini adalah tidak tahu akan hukum puasa, bisa jadi puasa kita rusak. Tidak tahu apa saja hal-hal yang disunnahkan saat puasa, kita bisa kehilangan pahala yang banyak. Tidak tahu jika maksiat bisa mengurangi pahala puasa, kita bisa jadi hanya dapat lapar dan dahaga saja saat puasa. Tidak sedikit dari kita yang berpuasa ataupun beribadah kadang asal-asalan, karena berpendapat yang penting ikhlas, padahal ibadah apapu tentu harus berdasarkan tata cara atau tuntunan yang diajarkan oleh sunnah maupun tuntunan berdasarkan dalil.


Oleh sebab itu sangat penting, ucapan dan doa menyambut bulan puasa Ramadhan dilakukan dengan pengetahuan yang berdasar agar tujuan dan makna yang disampaikan sesuai dengan ajaran agama Islam sebenarnya sebagai persiapan diri untuk beribadah. demikian tulisan cgtrend.blogspot.com untuk ucapan dan doa sambut bulan puasa ramadhan 2022/ 1443 H

Posting Komentar untuk "DOA DAN UCAPAN SAMBUT BULAN PUASA RAMADHAN 2022/1443 H"