LOGO DAN SEJARAH PERINGATAN HARI DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA

CGTREND : Logo, Sejarah dan Ucapan Peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) 2019. Dalam menyambut Peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) di 2019 yang jatuh setiap tanggal 5 Agustus setiap tahun tentu serangkaian acara telah dipersiapkan oleh organisasi DWP.


Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang asal usulnya berdiri dengan nama organisasi Dharma Wanita dengan tujuan mensukseskan pelaksanaan pembangunan yang ditetapkan dalam GBHN dan Sapta Krida Kabinet Pembangunan II kala itu. Apabila dilihat dari latar belakang dari tujuan didirikannya Organisasi Dharma Wanita maka telah jelas bahwa pada waktu itu Dharma Wanita ini beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil, anggota  ABRI yang dikaryakan, dan pegawai BUMN. Menurut sejarah singkatnya, Organisasi ini didirikan oleh Ketua Dewan Pembina  KORPRI saat itu, Amir Machmud, atas prakarsa Ibu Tien Soeharto sebagai Ibu Negara.


Seiring perjalanan sejarahnya, Pada  Era  Reformasi, tahun 1998, organisasi wanita ini melakukan  perubahan mendasar dari asal mula didirikannya Organisasi Dharma Wanita berlatar belakang politik kini tidak ada lagi muatan politik dari pemerintah, Dharma Wanita menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik, independen, dan demokratis.



DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA

DWP Indonesia (Dharma Wanita Persatuan) adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta tidak terkait dengan kekuatan politik manapun, tetapi hak berpolitik anggota tetap dihormati.


Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) diarahkan untuk :
  • Mengutamakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari pengurus dan anggota;
  • Memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesempatan organisasi;
  • Dalam melaksanakan kegiatan mendahulukan yang penting sesuai dengan skala prioritas;
  • Mengutamakan kualitas penanganannya daripada kualitas yang ditangani, serta diupayakan secara tuntas;
  • Menjaga citra yang baik sebagai istri pendamping aparat pemerintah di tengah masyarakat yang dinamis;

Dan dharma wanita persatuan juga berharap agar aktivitas dharma wanita persatuan perlu terus dikembangkan ke arah pemberdayaan organisasi dan mengutamakan pembinaan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, seluruh jajaran pengurus harus mampu mengayomi anggotanya serta mampu bekerjasama dengan mitra pengurus korpri dan lainya.


DWP memiliki tugas dan fungsi pokok yang telah dibuat oleh kelompoknya, diantara tugas tersebut berisi:
  • Membina anggota dalam memperkukuh persatuandan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan;
  • Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial;
  • Melakukan pembinaa mental dan spritual anggota agar menjadi manusia yang bertawakkal kepada tuhan yang maha esa, berkepribadian, serta berbudi pekerti luhur.

Sedangkan fungsi dalam mengemban tugasnya Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai wadah untuk melakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok organisasi.


Dalam menjalankan funsi dan tugas pokok dalam kelompok organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP), organisasi tersebut juga memiliki tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna mendukung tercapainya tujuan nasional. Dalam suatu organisasi Dharma Wanita ini beranggotakan para istri:
  • Istri pegawai negeri sipil (PNS)
  • Istri pejabat negara bidang pemerintahan
  • Istri pensiunan dan janda PNS
  • Istri pegawai badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD) yang belum berstatus persero
  • Istri pensiunan dan janda pegawai BUMN dan BUMD yang belum berstatus persero
  • Istri kepala perwakilan republik indonesia di luar negeri
  • Istri anggota TNI, purnawirawan ataupun polisi
  • Pensiunan PNS wanita
  • Istri perangkat pemerintahan desa


DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA LOGO

Logo / lambang Resmi DWP Indonesia

LOGO DAN SEJARAH PERINGATAN HARI DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA


Makna Logo:

Lambang/ logo Resmi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Indonesia terdiri dari empat bagian:

Bagian lambang 1:

  • Bunga melati berwarna putih yang berkelopak dengan latar belakang sang saka Merah Putih mengandung arti : Kedudukan wanita sebagai salah satu asset bangsa dalam pengabdianya kepada bangsa, tanah air, dan negara Republik Indonesia, yang berasaskan Pancasila dan berdasarkan UUD 1945.
  • Warna putih melambangkan kesucian dan keluhuran budi wanita serta persaudaraan, kekeluargaan diantara sesamanya.
  • Putik bunga berwarna kuning dan berjumlah lima melambangkan cita-cita dan perintis yang mewariskan sifat-sifat kemurnian pengabdian dan kesetiaan serta kepada generasi wanita penerus dalam pembangunan masyarakat dan manusia Indonesia seutuhnya.
  • warna kuning melambangkan cita-cita yang luhur, sedangkan lima putik bunga melambangkan adanya generasi wanita penerus yang berkelanjutan.


Bagian lambang 2:

Gambar padi terdiri dari 15 butir dan kapas terdiri dari 6 buah melambangkan cita-cita dan tujuan organisasi DWP, yaitu mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang merata berasaskan Pancasila dan berdasarkan UUD 1945, bagi seluruh rakyat Indonesia pada umumnya dan bagi seluruh anggota DWP pada khususnya.


Gambar padi juga sebagai simbol kegiatan bidang ekonomi, sedangkan gambar kapas sebagai simbol kegiatan bidang sosial budaya.


Bagian lambang 3:

Gambar rantai terdiri dari 15 mata rantai melambangkan rasa persatuan dan persaudaraan yang erat diantara seluruh anggota DWP, untuk secara bersama-sama bahu membahu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi guna mencapai cita-cita dan tujuan organisasi.


Bagian lambang 4:

Gambar buku melambangkan kegiatan bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas anggota dengan senantiasa menimba ilmu pengetahuan sesuai dengan laju perkembangan teknologi.



PERINGATAN HARI DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA JATUH PADA 5 AGUSTUS

Di Indonesia, Pada 5 Agustus setiap tahun diperingati juga dirayakan sebagai Hari Dharma Wanita Nasional. Penetapan Peringatan Hari Dharma Wanita Persatuan menyesuaikan dengan Hari Lahir (Harlah) Organisasi tersebut yaitu Pada tanggal 5 Agustus 1974.


Di tahun 2019, tepatnya senin 5 Agustus 2019 organisai wanita (para Istri) PNS akan menyambut Peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang ke-20 tahun 2019 telah menjadi tradisi tersendiri terdapat logo, sejarah, ucapan dan tema peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Indonesia 2019.


Tentu saja Anda dapat menemukan sejarah dan logo peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) 2019 Indonesia melalui situs remsi mereka di situs resmi dharmawanitapersatuan apabila Anda membutuhkan juklak Peringatan HUT ke-20 Dharma Wanita Persatuan atau akan mengadakan serangkaian acara mengenai ini.


LAGU LOGO DAN SEJARAH PERINGATAN HARI DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA

Untuk menyemarakkan acara peringatan hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Indonesia, Anda mungkin membutuhkan lirik lagu syair Mars Dharma Wanita Persatuan dan Mars PKK.


Lirik Lagu Mars PKK

Marilah hai semua rakyat Indonesia
Membangun segra
Membangun kluarga yang sejahtera
Dengan PKK

Hayatilah dan amalkan Pancasila
Untuk Negara
Hidup gotong royong, makmur,pangan dan sandang
Rumah sehat sentosa

Laksana sadari dalam rumah tangga
Rapi dan indah
Didiklah putra berpribadi bangsa
Trampil dan sehat

Kembangkan koprasi jagalah lingkungan
Dan sekitarnya
Aman dan bahagia kluarga berencana
Hidup Jaya PKK


Lirik Lagu Mars Dharma Wanita Persatuan

Ciptaan : N. Simanungkalit

Dharma Wanita Persatuan
Bersatu-padu ikut berjuang
Wujudkan masyarakat adil dan makmur
Sentosa secara merata

Melaksanakan karya dengan mandiri
Membina istri pegawai negeri
Tingkatkanlah mutu pendidikan
dan ekonomi, sosial dan budaya

Tercapailah harapan kita
sejahteralah anggota dan keluarganya

Ikut serta mempersembahkan
Dharma baktinya kepada bangsa
tingkatkan sumber daya insan
lindungi dan hormati hak azasinya

Melaksanakan karya dengan mandiri
Membina istri pegawai negeri
Tingkatkanlah mutu pendidikan
dan ekonomi, sosial dan budaya

Tercapailah harapan kita
sejahteralah anggota dan keluarganya



Demikian topic logo dan sejarah peringatan hari dharma wanita persatuan (DWI) Indonesia akhir kata cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat 5 Agustus untuk wanita, istri-istri PNS, BUMN, TNI dan seluruh anggota semoga Dharma baktinya kepada bangsa menjadi contoh juga inspirasi bagi seluruh perempuan bangsa Indonesia.

Posting Komentar untuk "LOGO DAN SEJARAH PERINGATAN HARI DHARMA WANITA PERSATUAN (DWP) INDONESIA"