cgtrend.blogspot.com berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (ditjenpktn kemendag) pedoman pelaksanaan peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 adalah mengangkat tema 'Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju' dengan subtema 'Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya'.
Penetapan Hari Konsumen Nasional Menurut catatan sejarah di Indonesia, peringatan hari ini dilatarbelakangi oleh harapan pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya soal perlindungan bagi konsumen, lantaran pihak konsumen sering menjadi pihak yang lemah hingga tidak mampu memperjuangkan kepentingannya. Dari latar belakang inilah kemudian Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012, menetapkan tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional. Adapun alasan dipilihnya tanggal 20 April adalah mengacu pada tanggal disahkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Setiap tahun hari Nasional untuk Konsumen Indonesia diselenggarakan dengan penetapan tema, maskot dan sub tema Peringatan Hari istimewa Konsumen Pemerintah Indonesia. Dalam perayaan Harkonas ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya termasuk di tahun 2019 dengan kata-kata makna bahwa.
Dari makna-makna lahirnya ketetapan untuk peringatan Hari Konsumen tahun 2020 dapat dimaknai bahwa Konsumen diharapkan termotivasi untuk menjadi komunitas yang cerdas. sama dengan tujuan Hari Konsumen Internasional, Hari Konsumen Nasional juga ditujukan untuk membangun kesadaran secara masif hak-hak dan kewajiban konsumen.
Penetapan Hari Konsumen Nasional Menurut catatan sejarah di Indonesia, peringatan hari ini dilatarbelakangi oleh harapan pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya soal perlindungan bagi konsumen, lantaran pihak konsumen sering menjadi pihak yang lemah hingga tidak mampu memperjuangkan kepentingannya. Dari latar belakang inilah kemudian Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012, menetapkan tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional. Adapun alasan dipilihnya tanggal 20 April adalah mengacu pada tanggal disahkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Setiap tahun hari Nasional untuk Konsumen Indonesia diselenggarakan dengan penetapan tema, maskot dan sub tema Peringatan Hari istimewa Konsumen Pemerintah Indonesia. Dalam perayaan Harkonas ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya termasuk di tahun 2019 dengan kata-kata makna bahwa.
- Sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.
- Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai dalam pemenuhan hak dan kewajiban Konsumen Nasional Indonesia dengan tujuan menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.
- Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi pendidikan Konsumen Indonesia dalam memperjuangkan peran dan hak-haknya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
- Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan Konsumen Indonesia agar pengusaha maupun pemangku kepentingan termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pelaku usaha yang semakin memiliki etika dalam usahanya masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita Indonesia maju, adil dan makmur oleh sebab itu pentingnya Peran Konsumen menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Nasional.
- tag line #harikonsumen2020 #Harkonas #harikonsumen.
Gambar kata inspirasi bertema ucapan selamat memperingati hari konsumen nasional di 2020! |
Dari makna-makna lahirnya ketetapan untuk peringatan Hari Konsumen tahun 2020 dapat dimaknai bahwa Konsumen diharapkan termotivasi untuk menjadi komunitas yang cerdas. sama dengan tujuan Hari Konsumen Internasional, Hari Konsumen Nasional juga ditujukan untuk membangun kesadaran secara masif hak-hak dan kewajiban konsumen.
TEMA, SLOGAN DAN GAMBAR LOGO HARI KONSUMEN NASIONAL INDONESIA TAHUN 2020
1. Tema utama Hari Konsumen Nasional 2020 (Harkonas):
"PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA MAJU;"
"PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA MAJU;"
2. Sub Tema :
Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya
Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya
3. Sejarah Singkat Lahirnya Hari Konsumen Nasional 2020 Indonesia
Hari Konsumen Nasional (Harkonas) memiliki tujuan utama, salah satu tujuannya adalah Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia. Oleh sebab itu, melalui Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional dan ini menjadi awal sejarah perayaan Harkonas di Indonesia
Tentu saja Peringatan atau perayaan lahirnya Harkonas, diharapkan bukan hanya diperingati secara euforia, discount, atau seremonial belaka, namun memiliki pesan untuk menjadi momentum refleksi pemerintah, pelaku usaha, juga konsumen untuk sama-sama berkomitmen dalam melaksanakan isi dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sehingga terciptanya Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya Indonesia Maju sebagaimana cita-cita tema HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia tahun ini.
Hari Konsumen Nasional (Harkonas) memiliki tujuan utama, salah satu tujuannya adalah Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia. Oleh sebab itu, melalui Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional dan ini menjadi awal sejarah perayaan Harkonas di Indonesia
Tentu saja Peringatan atau perayaan lahirnya Harkonas, diharapkan bukan hanya diperingati secara euforia, discount, atau seremonial belaka, namun memiliki pesan untuk menjadi momentum refleksi pemerintah, pelaku usaha, juga konsumen untuk sama-sama berkomitmen dalam melaksanakan isi dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sehingga terciptanya Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya Indonesia Maju sebagaimana cita-cita tema HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia tahun ini.
4. Gambar Logo Hari Konsumen Nasional 2020 (Harkonas) di Indonesia
Baca:
Akhir kata dalam tulisan cgtrend.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan selamat Memperingati Hari Konsumen 20 April 2020. Mari tingkatkan kesadaran dan keberdayaan konsumen, semoga semua pemangku kepentingan beserta pelaku dunia usaha turut berpartisipasi aktif mengedukasi konsumen-konsumen Indonesia!.
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga dibawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (ditjenpktn kemendag RI) telah secara resmi meluncurkan Logo dan Maskot Hari Konsumen Nasional 2020 sebagai bagian kegiatan acara menyambut Harkonas, Adapun gambar logo tersebut sebagaimana gambar diatas sesuai dengan pengumuman pada situs http://ditjenpktn.kemendag.go.id/puncak-perayaan-hari-konsumen-nasional-harkonas-2020-ditunda
Baca:
- TEMA, SLOGAN, DAN GAMBAR LOGO HARI ULANG TAHUN (HUT RI KE-75) PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA 2020
- KATA UCAPAN SELAMAT HARI HAK KONSUMEN TERBARU
- DAFTAR HARI-HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TERBARU 2020
MASKOT TEMA PERINGATAN HARI KONSUMEN INDONESIA NASIONAL (HARKONAS) TAHUN 2020
Adapun gambar maskot Peringatan Harkonas 2020 sebagaimana tampak pada maskot dibawah.
Akhir kata dalam tulisan cgtrend.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan selamat Memperingati Hari Konsumen 20 April 2020. Mari tingkatkan kesadaran dan keberdayaan konsumen, semoga semua pemangku kepentingan beserta pelaku dunia usaha turut berpartisipasi aktif mengedukasi konsumen-konsumen Indonesia!.
Posting Komentar untuk "TEMA, MASKOT DAN GAMBAR LOGO HARI KONSUMEN 2020 INDONESIA"