ARTI BATIK DAN HARI BATIK NASIONAL

ARTI BATIK

MENURUT ARTI KATA SECARA ETIMOLOGI

Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu”tik” yang berarti titik / matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik” (Indonesia Indah ”batik”, 1997, 14). cgtend.blogspot.com di samping itu Batik juga mempunyai pengertian yang berhubungan dengan membuat titik atau meneteskan malam pada kain mori. Menurut KRT. DR. HC. Kalinggo Hanggopuro (2002, 1-2) dalam buku Batik sebagai Busana Tatanan dan Tuntunan menuliskan bahwa, para penulis terdahulu menggunakan istilah batik yang sebenarnya tidak ditulis dengan kata”Batik” akan tetapi seharusnya”Bathik”. Hal ini mengacu pada huruf Jawa ”tha” bukan ”ta” dan pemakaiaan batik sebagai rangkaian dari titik adalah kurang tepat atau dikatakan salah.

https://cgtrend.blogspot.com/


MENURUT PARA AHLI DAN PARA PAKAR

Para Ahli dan Pakar berpendapat mengenai pengertian batik diantaranya.
  • Menurut Irwan Tirta. Tirta berpendapat bahwa batik adalah teknik menghias kain atau testil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.
  • Menurut Santosa Doellah. Doellah berpendapat bahwa Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Oleh karena itu, suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik.
  • Menurut Hamzuri. Hamzuri berpendapat bahwa Batik adalah lukisan atau gambar pada mori yang dibuat dengan menggunakan alat bernama canting. Orang yang melukis atau menggambar pada mori memakai canting disebut membatik. Membatik ini menghasilkan batik yang berupa macam-macam motif dan mempunyai sifat khusus yang dimiliki oleh batik itu sendiri.
  • Menurut Afif Syakur. Syakur berpendapat bahwa Batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini memerlukan ketelitian yang tinggi.
  • Menurut konsensus Nasional 12 maret 1996. dalam Konsensus berpendapat bahwa Batik adalah karya seni rupa pada kain dengan pewarnaan rintang yang menggunakan lilin batik sebagai perintang warna (wax resist technique).
  • Menurut UNESCO. UNESCO berpendapat bahwa Batik adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik perintang warna (wax resist technique), termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.







HARI BATIK NASIONAL

Perayaan Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahun. Hari Batik Nasional ditetapkan pemerintah Indonesia melalui keppres Nomor 33 tahun 2009 tentang Hati Batik Nasional.


Adapun penetapan hari Nasional ini berlatar belakan sejarah batik yang diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Demikianlah informasi seputar topic batik nusantara di tulisan cgtren.blogspot.com SELAMAT MERAYAKAN HARI BATIK!!

Posting Komentar untuk "ARTI BATIK DAN HARI BATIK NASIONAL"