KARAKTERISTIK & WATAK KEWIRAUSAHAAN

Topic Bisnis & Usaha. cgtrend.blogspot.com, Saat ini di dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak orang yang memandang dan menafsirkan bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh para pengusaha atau pelaku bisnis (businessmen). Pandangan tersebut kurang tepat, kewirausahaan tidak selalu identik dengan perilaku dan watak pengusaha saja karena sifat ini dimiliki juga oleh mereka yang bukan pengusaha, seperti petani, karyawan, pegawai pemerintah, mahasiswa, guru, arsitektur, seniman, artisan, pemimpin proyek, peneliti dan pekerjaan lainnya yang dilakukan secara kreatif dan inovatif. Jiwa kewirausahaan ada pada


setiap orang yang menyukai perubahan, pembaruan, kemajuan, dan tantangan. Seperti dikemukakan oleh Soeparman dalam Suryana (2013:10) bahwa kewirausahaan meliputi semua aspek pekerjaan, baik karyawan swasta maupun pemerintah Wirausahawan adalah mereka yang melakukan usaha-usaha kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup (Soeharto Prawiro Kusumo, 1997:5 dalam Suryana 2013:10). Berikut pengertian kewirausahaan menurut yang dikemukakan oleh para ahli:
  1. menurut Thomas W. Zimmerer dalam Suryana (2013:11) Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi setiap hari.
  2. menurut Peter F. Drucker dalam Suryana (2013:10) kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).
  3. menurut Soeharto Prawirokusumo (2002:2) Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena berisi body of knowledge yang utuh dan nyata ada objek, konsep dan metodenya.



Berdasarkan pendapat para ahli diatas maka cgtrend dapat menyimpulkan bahwa kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya untuk memanfaatkan peluang yang akan dihadapi.


cgtrend.blogspot.com

KARAKTERISTIK DAN WATAK KEWIRAUSAHAAN

Menurut M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer dalam Suryana (2013:23) terdapat delapan karakteristik kewirausahaan yang meliputi hal-hal sebagai berikut :
  1. Rasa tanggung jawab (desire for responsibility), yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya.
  2. Memilih risiko yang moderat (preference for moderate risk), yaitu lebih memilih risiko yang moderat, artinya selalu menghindari risiko, baik yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.
  3. Percaya diri pada kemampuan sendiri (confidence in their ability to success), yaitu memiliki kepercayaan diri atas kemampuan yang dimilikinya untuk memperoleh kesuksesan.
  4. Menghendaki umpan balik segera (desire for immediate feedback), yaitu selalu menghendaki adanya umpan balik dengan segera, ingin cepat berhasil.
  5. Semangat dan kerja keras (high level of energy), yaitu memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
  6. Berorientasi ke depan (future orientation), yaitu berorientasi masa depan dan memiliki perspektif dan wawasan jauh ke depan.
  7. Memiliki keterampilan berorganisasi (skill at organizing), yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.
  8. Menghargai prestasi (value of achievement over money), yaitu lebih menghargai prestasi daripada uang.



KEWIRAUSAHAAN DALAM CIRI UMUM USAHA

Dalam Suryana (2013:22) berpendapat Ciri-Ciri kewirausahaan meliputi enam komponen penting, yaitu : percaya diri, berorientasi pada hasil, berani mengambil risiko, kepemimpinan, keorisinalitasan, dam berorientasi pada masa depan. Ciri-ciri tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut :
  1. Penuh percaya diri, indikatornya adalah penuh keyakinan, optimis, berkomitmen, disiplin, bertanggung jawab.
  2. Memiliki inisiatif, indikatornya adalah penuh energi, cekatan dalam bertindak, dan aktif.
  3. Memiliki motif berprestasi, indikatornya berorientasi pada hasil dan wawasan ke depan.
  4. Memiliki jiwa kepemimpinan, indikatornya adalah berani tampil beda, dapat dipercaya, dan tangguh dalam bertindak.
  5. Berani mengambil risiko dengan penuh perhitungan, dan oleh karena itu menyukai rintangan.



Demikianlah Topic terkait Bisnis & Usaha untuk karekteristik, watak & pengertian menurut pendapat para ahli diatas maka cgtrend.blogspot.com diatas, semoga share kewirausahaan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan pembutan strategi usaha pada bidang bisnis Anda

Posting Komentar untuk "KARAKTERISTIK & WATAK KEWIRAUSAHAAN"