HARI LIBUR INDONESIA PADA 2021

Berdasarkan SKB 3 Menteri Hari Libur Resmi Indonesia dan Cuti Bersama pada tahun 2021:
  • Hari Tahun Baru, 1 Januari, Hari Jumat
  • Hari Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili, 12 Februari, Hari Jumat
  • Hari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, 11 Maret, Hari Kamis
  • Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943, 14 Maret, Hari Minggu
  • Hari Wafat Isa Al Masih, 2 April, Hari Jum'at
  • Hari Buruh Internasional, 1 Mei, Hari Sabtu
  • Hari Kenaikan Isa Al Masih, 13 Mei, Hari Kamis
  • Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, 13-14 Mei, Hari Kamis dan Jumat
  • Hari Raya Waisak 2565, 26 Mei, Hari Rabu
  • Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, Hari Selasa
  • Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, 20 Juli, Hari Selasa
  • Hari Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, 10 Agustus, Hari Selasa
  • Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus, Hari Selasa
  • Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, 19 Oktober, Hari Selasa
  • Hari Raya Natal, 25 Desember, Hari Sabtu



Trending pesan cgtrend.blogspot.com:

(N) = Hari Libur Nasional

(C) = HARI LIBUR CUTI BERSAMA

https://cgtrend.blogspot.com/


1 JANUARI: HARI TAHUN BARU (MASEHI) (N)

Hari pertama dari kalender Gregorian dan Julian modern adalah hari libur di Indonesia. Sekolah dan bisnis tutup pada hari ini.


12 Februari: Hari Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili (Sin Cia) (N)

Tahun Baru Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru China atau Festival Musim Semi, adalah festival dan waktu liburan terpenting warga etnis Tionghoa. Perayaan jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun dan banyak bisnis dan layanan tutup pada hari ini. Di Indonesia, dirayakan dengan berbagai adat istiadat setempat seperti dekorasi dengan warna merah, pemberian angpao dan juga parade Barong Sai.


11 Maret: Hari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW (Isra dan Mi'Raj) (N)

Hari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah hari libur Islam di Indonesia dimana tujuan dan hikmah sebenarnya adalah untuk memuliakan Rasulullah SAW dan untuk memperlihatkan kepadanya beberapa keajaiban ciptaan Allah, sebagaimana firman Allah dalam surat al-Isra’ ayat 1: لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنا (Agar Kami memperlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kebesaran Kami). Selain itu, Isra dan Mi'Raj juga ditujukan untuk mengagungkan derajat Nabi Muhammad SAW serta sebagai penguat hati beliau dalam menghadapi tantangan dan cobaan yang dilontarkan orang-orang kafir Quraisy, terlebih setelah ditinggal mati oleh paman beliau Abu Thalib dan isteri beliau Khadijah. Ini dirayakan oleh Umat Islam bukan hanya di Indonesia namun juga Dunia.


14 Maret: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 (Umat Hindu Bali) (N)

Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 adalah hari libur keagamaan di Indonesia untuk menghormati Umat Hindu khususnya Bali. Hari Raya Nyepi merupakan hari raya yang dilaksanakan setiap tahun, yaitu sehari setelah Tileming Sasih Kesanga. Tujuan utama dari perayaan Nyepi itu sendiri adalah untuk memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sanghyang Widhi Wasa, untuk menyucikan Bhuana Alit (Alam Manusia) dan Bhuana Agung (Alam Semesta). Perayaan umat Hindu ini memiliki ciri khas dengan merayakan hari bahagianya dalam senyap ata sepi.


2 April: Hari Wafat Isa Al Masih (Jumat Agung) (N)

Hari Wafat Isa Al Masih adalah hari libur umum di setiap daerah wilayah Indonesia, yang menandai penyaliban Yesus Kristus. Itu dirayakan hanya dua hari sebelum hari Minggu Paskah. Selain tradisi keagamaan khusus saat ini, masyarakat juga terlibat dalam tradisi non-agama.


1 Mei: Hari Buruh Internasional (MayDay) (N)

Hari Buruh yang juga dikenal sebagai Hari Pekerja Internasional merupakan hari libur resmi di Indonesia sejak tahun 2013. Namun, hari libur tersebut telah dirayakan oleh para pekerja Indonesia puluhan tahun sebelumnya. Ini adalah hari yang merayakan pekerja dan kontribusi mereka kepada masyarakat.


13 Mei: Hari Kenaikan Isa Al Masih (N)

Hari Kenaikan Isa Al Masih adalah hari raya keagamaan yang dirayakan 40 hari setelah Paskah. Di Indonesia, itu juga dikatakan sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus ke surga, atau lebih singkat Hari Kenaikan.


13-14 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah (Lebaran) (N)

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah adalah hari raya keagamaan yang dirayakan 2 hari setelah sebulan berpuasa Ramadhan. Hari raya ini dirayakan pada waktu berbeda setiap tahun, karena penetapan tanggal raya ini berdasarkan perhitungan astronomi (hisab) dan pengamatan Hilal


Baca Topic: KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA - IDUL FITRI DAN IDUL ADHA


26 Mei: Hari Raya Waisak 2565 (Vesak) (N)

Hari Raya Waisak 2565 adalah hari raya keagamaan yang dirayakan umat Buddha. Di Indonesia, itu juga dikatakan sebagai Wesak atau Hari Buddha. Hari Raya Waisak sendiri dikalangan umat Buddha sering disebut dengan hari raya Trisuci Waisak. Disebut demikian karena pada hari Waisak terjadi tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama. Tiga kejadian tersebut—kelahiran, penerangan, kematian— terjadi pada hari yang sama ketika bulan purnama di bulan Waisak.


Baca Topic: HARI RAYA WAISAK 2020, 2021, DAN 2022

1 Juni: Hari Lahir Pancasila (N)

Hari Lahir Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI. Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari "Lahirnya Pancasila"


Baca Topic: PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA - TEMA DAN LOGO HARLAH PANCASILA TAHUN 2020

20 Juli: Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah (Lebaran Haji) (N)

Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Perayaan jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun dan banyak bisnis dan layanan tutup pada hari ini.


Baca Topic: UCAPAN DAN PANTUN SELAMAT HARI RAYA HAJI IDUL ADHA 2020

10 Agustus: Hari Tahun Baru Islam 1443 Hijriah (Kalender Islam) (N)

Hari pertama dari kalender Hijriah adalah hari libur di Indonesia. Sekolah, bisnis, dan kantor tutup pada hari ini.


Baca Topic: KALENDER ISLAM TAHUN HIJRIYAH 1442 2020/2021


17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) (N)

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah hari dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Ir Soekarno pada 17 Agustus 1945. Tepat 76 tahun lalu, 17 Agustus 1945, Ir Soekarno membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditulisnya sendiri. Momentum itu menandai pernyataan sikap bangsa Indonesia untuk lepas dari belenggu penjajahan Belanda selama 350 tahun menguasai negeri ini.

Baca Topic: HARI KEMERDEKAAN INDONESIA, 17 AGUSTUS 2020: UCAPAN, KATA UNTUK DIBAGIKAN DI WHATSAPP, FACEBOOK, INSTAGRAM DAN CHAT


19 Oktober: Hari Maulid Nabi Muhammad SAW (Mawlid) (N)

Hari Maulid Nabi Muhammad SAW adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, momen penting dalam kehidupan sang Rasulullah dan juga agama Islam. Maulid Nabi diperingati pada 12 Rabiul Awal setiap tahun Hijriah.


25 Desember: Hari Raya Natal (Kelahiran) (N)

Hari Natal adalah hari libur di Indonesia dan dirayakan pada tanggal 25 Desember. Tradisi Indonesia pada hari ini mirip dengan yang ada di seluruh dunia. Acara Natal Natal yang penuh warna termasuk di antara tradisi ini bersama dengan Santa, pohon yang dihias, dan hidangan spesial temasuk penentuan Tema.

Baca Topic: PESAN DAN TEMA HARI NATAL NASIONAL 2020

Maret, Mei, dan Desember: Cuti Bersama (C)

Cuti Bersama Tahun 2021 adalah 12 Maret untuk Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW. 12, 17, 18, dan 19 Mei untuk Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 24 dan 27 Desember untuk Hari Raya Natal


Terakhir diperbarui cgtrend.blogspot.com: 12 Januari 2021

Posting Komentar untuk "HARI LIBUR INDONESIA PADA 2021"