Memahami Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Memahami Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan
Topik Memahami Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan (Ilustrasi : Cgtrend/Harwan)


Cgtrend.blogspot.com - Selepas proklamasi dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, kondisi Indonesia masih belum stabil. Sebab peperangan masih bergejolak antara rakyat Indonesia dan tentara asing di berbagai wilayah, terutama di Surabaya, Jawa Timur. Pergolakan inilah yang akan mengantarkan kita pada makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.


Yuk, kita pelajari sejarah dan makna Hari Pahlawan lewat penjelasan di bawah ini!


Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Pasca kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia masih dihadapkan dengan situasi perang melawan tentara asing di wilayah Surabaya, Jawa Timur. Hal tersebut mendorong terjadinya insiden perobekan bendera merah putih biru milik Belanda yang berkibar di atas Hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945.


Setelah itu, tentara Inggris yang bergabung dengan organisasi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) mendarat di Jakarta berbarengan dengan tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Kemudian mereka menuju Surabaya dan menginjakkan kaki di sana pada tanggal 25 Oktober 1945.


Tentara asing itu bertugas untuk memulangkan penjajah Jepang ke negaranya serta membebaskan tawanan perang. Para tentara kolonial pun menuntut Jepang untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara jajahan ke tangan Belanda.


Hal tersebut membuat pribumi murka dan merasa terhina, apalagi Indonesia telah mendeklarasikan kemerdekaannya. Aksi tentara kolonial dianggap melecehkan bendera merah putih milik Indonesia yang sudah berkibar. Itulah mengapa arek-arek Suroboyo melayangkan protes di depan Hotel Yamato dan meminta pihak Belanda menurunkan benderanya.


Berlanjut ke tanggal 29 Oktober 1945, Ir. Soekarno memerintahkan pasukan militer untuk melakukan gencatan senjata dengan tentara Inggris. Pasca kesepakatan itu, para penjajah meminta warga pribumi menyerahkan diri sampai pukul 06.00 di tanggal 10 November. Tidak terima dengan hal tersebut, terjadilah pertempuran antara warga Surabaya melawan Inggris selama 3 minggu yang mengakibatkan 6.000 rakyat Indonesia gugur dalam peperangan.


Demi mengenang perjuangan para pahlawan di Surabaya, pada tanggal 16 Desember 1959, Ir. Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Hingga saat ini, bangsa Indonesia masih tetap merayakannya. Makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan ini tentu harus dipahami dari generasi ke generasi agar kita semua selalu ingat akan jasa-jasa pahlawan yang berjuang untuk Indonesia.


Makna Hari Pahlawan Bagi Bangsa Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, kisah perjuangan para pahlawan bangsa memiliki makna mendalam yang harus diapresiasi. Perwujudan tersebut tertuang dalam peringatan Hari Pahlawan, dimana kita akan mengenang serta menghormati jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.


Selain itu, makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan ini mengajarkan muda-mudi untuk meneladani sikap pantang menyerah, jujur, gigih, dan memiliki semangat juang tinggi dalam meraih cita-cita, seperti yang dimiliki oleh para pahlawan.


Memahami Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan Melalui Cgtrend terkait topik Nasional

Informasi di atas tentunya dapat memberikan kamu wawasan baru mengenai sejarah tercetusnya Hari Pahlawan yang dirayakan setiap tanggal 10 November. Kamu juga bisa mempelajari sejarah Hari Pahlawan lebih banyak lagi dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan browsing di internet atau streaming video maupun film mengenai sejarah Hari Pahlawan.


Pastikan aktivitas digital kamu dalam mempelajari sejarah lebih lengkap dengan membaca beragam artikel website Cgtrend.blogspot.com karena Melalui Cgtrend terkait topik Nasional dibahas secara lengkap. Jadi, kamu bisa menambah literatur bacaan kamu disini.


Terdapat beragam artikel yang dapat dibaca, bukan hanya topik-topik trending yang ditulis, namun informasi dan berita di Indonesia sekala Nasional bahkan tema dunia.


Cukup dengan kunjungi Cgtrend.blogspot.com terkait topik Nasional yang ingin dibaca, kamu bisa menambah literatur bacaan kamu disini dengan cara yang menyenangkan bersama blog Cgtrend!

Posting Komentar untuk "Memahami Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan"