Macam-macam Takdir

Takdir ada dua macam: takdir Muallaq dan takdir Mubram. Apa bedanya? Baca lengkap materi berikut ini hanya di cgtrend.blogspot.com:


Takdir ada dua macam: takdir Muallaq dan takdir Mubram. Apa bedanya? Baca lengkap materi berikut ini hanya di cgtrend.blogspot.com:

Baca juga: ENAM RUKUN IMAN DALAM ISLAM

1. Takdir Mubram


Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.


Takdir Mubram: Datangnya ajal kematian, bukan hasil usaha manusia, tapi berdasarkan ketetapan Allah yang tidak bisa diotak-atik


Contoh jenis takdir ini antara lain: soal kelahiran dan kematian manusia. Tidak ada yang tahu kapan kita akan dilahirkan dan kapan akan mati. Semua menjadi rahasia Allah SWT dan terjadi sesuai dengan ketetapannya.

Baca juga: 5 RUKUN ISLAM DALAM ISLAM

2. Takdir Muallaq


Takdir muallaq yaitu ketentuan Allah SWT yang mengikut sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.


Contoh Takdir Muallaq: Kesuksesan seseorang diperoleh bukan dengan berpangku tangan menunggu datangnya takdir, tapi harus dibarengi dengan usaha keras dan berdoa


Contoh jenis takdir ini antara lain: keberhasilan anak sekolah dalam meraih prestasi. Siswa yang berprestasi itu bukanlah siswa yang diam saja tidak belajar, dan hanya menunggu takdir. Tetapi, ia selalu berusaha dan belajar setiap hari untuk meraih cita-cita yang diharapkannya. Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah SWT, juga ditopang oleh usaha dan doa yang dia lakukan. Jadi, berusaha itu harus, tetapi kita juga harus berdoa dan rela menerima segala takdir yang sudah ditentukan Allah SWT.


Penulis : Admin blog cgtrend.

Sumber : Ramdi, Eko.F. 2019. Iman kepada Qadha dan Qadar. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud

Posting Komentar untuk "Macam-macam Takdir"