SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU, KENALI TRADISI DAN JENIS PERGANTIAN TAHUN

APA ITU TAHUN DALAM SISTEM PERHITUNGAN HINGGA DIKATAKAN MENJADI BARU?

Setahun adalah periode dua belas bulan atau 365 atau 366 hari, dimulai pada tanggal 1 Januari dan berakhir pada tanggal tiga puluh satu Desember. Sebagai contoh, jika seseorang atau sesuatu berusia dua puluh tahun atau dua puluh tahun, mereka telah hidup atau ada selama dua puluh tahun.


Periode sekitar 3651/4 hari matahari diperlukan untuk satu revolusi bumi di sekitar matahari. Sehingga waktu yang diperlukan untuk matahari untuk kembali ke titik referensi tetap atau bergerak kembali di langit. Singkatnya, waktu di mana sebuah planet menyelesaikan revolusi matahari.


Baca: KUMPULAN QUOTES UCAPAN TAHUN BARU, UNTUK KATA SELAMAT MERAYAKAN



JENIS-JENIS MALAM PERGANTIAN TAHUN BARU

Di dunia memiliki berbagai macam jenis tahun dalam pergantian kalender baru termasuk Indonesia.

1. Kalender Bahá'í, juga disebut Kalender Badí‘ (badí‘ artinya menakjubkan atau unik, digunakan oleh penganut Bábisme dan Bahá'í Faith, adalah suatu sistem kalender surya dengan tahun biasa terdiri dari 365 hari, dan tahun kabisat terdiri dari 366 hari. Satu tahun dibagi atas 19 bulan, masing-masing terdiri dari 19 hari, (361 hari) ditambah suatu periode tambahan "Hari-hari Intercalary" (4 pada tahun biasa dan 5 pada tahun kabisat). Tahun baru dimulai pada vernal equinox, dan dihitung dengan notasi penanggalan BE (Bahá'í Era), di mana 21 Maret 1844 Masehi sebagai hari pertama tahun pertama, tahun di mana sang Báb memproklamirkan agamanya.


2. Rosh hasanah adalah perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian.


3. Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Tahun baru Hijriyah dalam kalender Hijriyah dirayakan setiap tanggal 1 Muharam.

Baca:



4. Imlek (lafal Hokkian dari 阴历, pinyin: yin li, yang artinya kalender bulan) atau Kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari. Tahun baru Tiongkok atau Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari).


5. Tahun baru Thailand dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air.


6. Kalender Jawa atau Penanggalan Jawa adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan pecahannya serta yang mendapat pengaruhnya. Tahun baru Jawa dalam kalender Jawa dirayakan setiap tanggal 1 Sura disebut dengan 'tanggap warsa enggal siji sura' dengan menampilkan pementasan wayang kulit purwa dan festival budaya.


7. Tết Nguyên Đán (Hán nôm: 節元旦, "perayaan pagi pertama") atau lebih umum dikenal sebagai Tết, adalah perayaan tahun baru di Vietnam. Tahun baru Tết merupakan hari raya terpenting di Vietnam yang sudah dirayakan sejak tahun 500 SM. Tahun baru Vietnam disebut Tết Nguyên Đán, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek.


Dari ke-7 Macam-macam Tahun baru diatas, hanya 4 Jenis Tahun Baru yang umumnya dirayakan atau diperingati di Indonesia kemudian menjadi kebudayaan, yaitu: Tahun Baru Hijriyah (Bahasa Inggris: Islamic New Year), Tahun Baru Cina, Tahun Baru Jawa, dan Tahun Baru Masehi.

SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU, KENALI TRADISI DAN JENIS PERGANTIAN TAHUN

TRADISI MALAM PERGANTIAN TAHUN

Di seluruh dunia, budaya atau tradisi menyambut perubahan kalender dengan pergantian Tahun Baru yang unik milik mereka sendiri. Berikut adalah beberapa tradisi Tahun Baru terbaik kita di seluruh  negara di dunia.

1. Spanyol

Di Spanyol, ada kebiasaan untuk memakan 12 buah anggur - satu di setiap langkah jam di tengah malam pada Malam Tahun Baru. Setiap anggur mewakili harapan keberuntungan untuk satu bulan di tahun mendatang. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, ​​orang-orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan anggur mereka bersama dan membagikan botol cava.


2. Denmark

Warga Denmark menyambut Tahun Baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke pintu keluarga dan teman-teman untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di kursi dan melompat bersama di tengah malam delam pengertian "melompat" ke Januari dengan harapan keberuntungan.


3. Skotlandia

Selama perayaan Hogmanay Malam Tahun Baru Skotlandia, "pijakan pertama" dipraktekkan di seluruh negeri. Orang pertama yang melintasi ambang sebuah rumah di Tahun Baru harus membawa hadiah untuk keberuntungan. Skotlandia juga mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang, konon simbol matahari, untuk memurnikan tahun mendatang.


4. Filipina

Anda akan menemukan bentuk bulat di seluruh Filipina pada Malam Tahun Baru sebagai perwakilan koin untuk melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Banyak keluarga menampilkan tumpukan buah di atas meja makan mereka dan beberapa makan dengan tepat 12 buah bundar (buah anggur menjadi yang paling umum) pada tengah malam. Banyak juga yang memakai pakaian bermotif bintik-bintik untuk keberuntungan.


5. Yunani

Bawang tradisional digantung di pintu depan rumah di Tahun Baru Bahkan di Yunani sebagai simbol kelahiran kembali di Tahun Baru. Pada Hari Tahun Baru, orang tua membangunkan anak-anak mereka dengan mengetuk kepala mereka dengan bawang.


Bagaimana cara kreatif Anda menyambut di tahun 2019? selain mengirim kata kata ucapan kepada pacar, mantan, atau rekan kerja seperti bos atau relasi!.


KESIMPULAN SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU, KENALI TRADISI DAN JENIS PERGANTIAN TAHUN

Setiap tahun adalah periode dua belas bulan atau 365 atau 366 hari, dimulai pada tanggal 1 Januari dan berakhir pada tanggal tiga puluh satu Desember, menyambut pergantian dalam kalender tahunan dari berbagai jenis dan tradisi di negara-negara dunia, seperti Indonesia, Spanyol, Denmark, Filipina beberapa orang saling mengucapkan selamat tahun baru umumnya berupa rangkaia kata-kata mutiara, kata kata motivasi, quotes bijaksana atau kata ucapan selamat untuk merayakan tahun baru dan malam pergantian tahun. Berikut beberapa ucapan dengan kata-kata selamat merayakan tahun baru dalam berbagai bahasa dan artinya.

Bahasa China
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
guò nián hǎo过年好! Happy New Year! Selamat Tahun Baru!
xīn nián hǎo新年好! Happy New Year! Selamat Tahun Baru!
xīn nián kuài lè 新年快乐! Happy New Year! Selamat Tahun Baru!
xīn chūn kuài lè 新春快乐! Happy Spring Festival! Selamat Festival Musim Semi!
dà jí dà lì 大吉大利! Good luck! Semoga Sukses!
zhù nǐ xīn de yì nián wàn shì rú yì

祝你新的一年万事如意!
May everything turn out as you wish in the coming year! Semoga semuanya berubah sesuai keinginan Anda di tahun mendatang!
hé jiā huān lè 阖家欢乐! Wishing you happy family life! Semoga kehidupan keluarga Anda bahagia!
shē tǐ jiàn kāng身体健康! Wishing you good health! Semoga kesehatanmu baik!
nián nián yǒu yú 年年有余! May you always have more than you wish for! Semoga Anda selalu memiliki lebih dari yang diinginkan!
suì suì píng ān岁岁平安! May you have peace year after year! Semoga Anda memiliki kedamaian dari tahun ke tahun!
gōng xǐ fā cái 恭喜发财! Wishing you a prosperous New Year! Semoga Tahun Baru Anda makmur!
cái yuán guǎng jìn 财源广进! Wishing you plenty of money! Semoga Anda punya banyak rezeki!
gōng zuò shùn lì 工作顺利! Wishing you a good time at work! Semoga Anda bersenang-senang di tempat kerja! Teman
xué xí jìn bù 学习进步! May you make good progress in your studies! Semoga Anda membuat kemajuan yang baik dalam studimu!
xué yè yǒu chéng学业有成! Wishing you academic success! Semoga Anda sukses secara akademik!


Kata-kata atau ucapan tersebut dapat kamu rangkai cocok diberikan buat mendoakan serta sarana meminta maaf yang bisa dikirim lewat status FB, gambar DP WA, maupun caption IG ketika ingin mengucapkan kata selamat untuk menandai pergantian malam di tahun baru.


Akhir kata cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan tahun baru, semoga dengan mengenali beragam tardisi dan jenis-jenis dari budaya pergantian tahun baru membuat kita menyambut malam pergantian dengan bijak.

Posting Komentar untuk "SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU, KENALI TRADISI DAN JENIS PERGANTIAN TAHUN"